Scroll to Top

Apple Hentikan Penggunaan Chip Buatan Samsung Mulai Awal 2014

By Ditya / Published on Monday, 01 Jul 2013

Perang Paten Samsung vs Apple

Apple dikabarkan akan menghentikan sepenuhnya penggunaan chip buatan Samsung untuk produk besutannya mulai awal 2014. Sebelumnya, perusahaan yang berbasis di Cupertino, California ini telah menerapkan kebijakan untuk mengurangi ketergantungan pasokan komponen dari Samsung dan menggantikannya dengan pemasok lain.

Tindakan Apple ini adalah buah dari perang paten dengan Samsung terkait beberapa produk smartphone dan tabletnya. Apple memutuskan untuk mencari alternatif pemasok komponen untuk menggantikan Samsung yang sekian lama telah menjadi partner utama Apple untuk memasok komponen.

Saat ini, chip prosesor Apple dan chip memori produk Apple masih menggunakan pasokan dari Samsung. Tetapi, pada beberapa produk baru Apple, chip memori yang digunakan tak lagi berasal dari Samsung, tetapi dipasok oleh Elpida dan Micron.

Sedangkan untuk chip prosesor, Apple masih mengandalkan Samsung. Namun, hal ini akan segera berakhir karena pembesut smartphone iPhone ini menggandeng TSMC (Taiwan Semiconductor Manufacturing) untuk memproduksi chip prosesor. Seperti yang kita ketahui, TSMC juga memproduksi pelbagai chip pesanan dari AMD, Nvidia, Qualcomm, dan banyak lagi.

Apple akan menghentikan sepenuhnya penggunaan komponen termasuk chip buatan Samsung mulai awal 2014 dan kini beralih ke TSMC. TSMC sendiri menjanjikan produksi 20nm yang lebih menghemat daya untuk produk Apple dimasa mendatang. Sedangkan Samsung saat ini masih menawarkan proses fabrikasi 32nm dan 28nm.

Seperti yang dilansir dari ArsTechnica (30/06/2013), Apple juga telah memiliki pemasok untuk layar LCD, yakni Sharp dan LG untuk menggantikan Samsung. Sayangnya, pihak Apple enggan berkomentar terkait hal ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda