Scroll to Top

Bayi-Bayi Eksperimen Pemilik Tiga DNA Segera Lahir di Inggris

By Ilham Choirul / Published on Monday, 01 Jul 2013

bayi

Sebuah aturan tidak lazim disahkan di Inggris. Undang-undang terbaru yang mengurusi tentang bayi tabung, memperbolehkan cikal bakal janin memanfaatkan DNA dari tiga orang yang berbeda untuk ditanamkan. Para ilmuwan yang terlibat berdalih bahwa cara tersebut dapat membantu mengurangi risiko penyakit turunan yang disebabkan adanya kecacatan mitokondria. Demikan kabar yang dikutip BBC.

Inggris menjadi negara pioner untuk kepentingan ini. Prosedur yang dipakai berjuluk IVF. Diperkirakan prosedur menyatukan DNA tiga orang ini mulai bisa diterapkan dalam waktu dua tahun mendatang. Diungkapkan Profesor Sally Davies, si janin yang akan menjadi “barang percobaan” itu nantinya diyakini tidak mengalami perubahan DN yang bersumber dari kedua orang tuanya.  Pejabat medis di Inggris itu menjelaskan bahwa yang dilakukan hanya perbaikan pada mitkondria cacat.

Menurut studi yang ada, masalah yag disebabkan oleh rusaknya mitokondria antara lain bergejala lemahnya otot, gangguan jantung, buta, dan kematian. Kasus kecacatan mitokondria diduga telah menjangkiti satu dari 6.500 bayi yang dilahirkan. Jika dilihat dari rantai penyebabnya, penyakit  tersebut disebabkan oleh keturunan yang diberikan ibu ke janin dengan perantaraan sel telur.

Menurut prosedur yang akan dilakukan nantinya, mitokondria yang diapakai berasal dari wanita lain yang mendonorkan mitokondrianya. Proses bayi tabung seperti ini bisa dilakukan hingga 10 pasangan per tahunnya. Si bayi ketika lahir akan mempunyai DNA dari dua wanita, yaitu ibunya dan milik wanita lain yang mendonorkan.

Undang-undang ini juga mendapatkan pertentangan di Inggris. Proses alamiah kelahiran manusia pun mulai dinodai dengan campur tangan manusia, hingga ke urusan DNA. Akankah bayi eksperimen itu nantinya bakal tanpa masalah? Kita tunggu saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda