Scroll to Top

Windows Kini Kuasai 91% Pasar Sistem Operasi Desktop

By Ditya / Published on Monday, 01 Jul 2013

Windows 8

Sistem operasi Windows saat ini menguasai sekitar 91% pasar sistem operasi desktop di dunia. Hal ini tidak mengejutkan mengingat Windows telah sejak lama menguasai pasar sistem operasi desktop, mengalahkan Apple Mac OS X dan sistem operasi open-source Linux.

Jika dilihat dari perolehan pangsa pasar sistem operasi Windows sejak tahun 2012 lalu, pangsa pasar sistem operasi besutan Microsoft ini mengalami penurunan. Agustus 2012, Windows menguasai 91,7% pangsa pasar dan titik terteinggi pada periode ini adalah 91,89% pada bulan Maret 2013 lalu. Sedangkan bulan Juni 2013 ini, Windows menguasai 91,51% pasar.

Jika dibandingkan dengan beberapa tahun yang lalu, pangsa pasar Windows ini mengalami penurunan dari angka 92% ke 91%. Penurunan ini kemungkinan disebabkan oleh jebloknya penjualan Windows 8 dan mulai ramainya tablet dan smartphone dengan sistem operasi Android dan iOS. Kehadiran perangkat mobile tersebut diperkirakan mengganggu penjualan PC berbasis Windows.

Sistem operasi desktop lainnya pesaing Windows memang tak mampu berkutik. Mac OS X besutan Apple ini hanya mampu menguasai 7,20% pasar sistem operasi desktop. Lalu, bagaimana dengan Linux? Sistem operasi open-source ini hanya menguasai 1,28% pangsa pasar sistem operasi desktop.

Windows 7 masih mendominasi sebagai versi Windows yang paling banyak digunakan, yakni menguasai pasar hingga 44,37 persen dan disusul oleh Windows XP dengan 37,17%. Posisi ketiga diduduki oleh Windows 8 yang merupakan sistem operasi terbaru Microsoft yang menguasai 5,10% pasar dan disusul oleh Windows Vista dengan 4,62% pasar.

Seperti yang dilansir dari Softpedia (01/07/2013), Microsoft berharap agar kehadiran Windows 8.1 dapat meningkatkan kembali perolehan pangsa pasar Windows sekaligus mendongkrak penjualan Windows 8.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda