Scroll to Top

5 Teknologi Kamera DSLR yang Diadopsi oleh Smartphone

By Ditya / Published on Tuesday, 02 Jul 2013

Smartphone DSLR

Kamera yag disematkan dalam smartphone saat ini tak sekadar tempelan saja, tetapi datang dengan pelbagai fitur canggih yang membuat hasil jepretannya tak kalah dengan kamera saku. Setidaknya terdapat 5 teknologi kamera DSLR (Digital Single Lens Reflex) yang kini diadopsi oleh smartphone.

Sensor Gambar yang Lebih Besar

Seperti yang kita ketahui, smartphone masa kini datang dengan sensor yang berukuran besar. Nokia Lumia 920 dan HTC One misalnya, datang dengan sensor berukuran 1/3 inci. Nokia 808 PureView 41 megapiksel malah dibekali sensor yang berukuran lebih besar lagi, yakni 1/1.2 inci FSI.

Optical Image Stabilization (OIS)

OIS

Fitur OIS ini hanya terdapat di kamera DSLR dan beberapa tipe kamera saku, tetapi kini juga terdapat di smartphone. Fitur ini bermanfaat untuk mengurangi efek blur pada foto ketika memotret di ruang yang gelap dan tangan yang gemetar. Nokia telah mengadopsi fitur ini di jajaran Lumia 920, Lumia 925, dan Lumia 928.

HDR Images

HDR (High Dynamic Range) adalah sebuah fitur yang mampu menampilkan perbedaan antara bagian gelap dan terang pada sebuah obyek foto. Fitur HDR ini sangat cocok untuk memotret ditempat yang memiliki pencahayaan yang berbeda, seperti sinar matahari dan bayangan. Smartphone seperti HTC One, Sony Xperia Z, dan LG Optimus G Pro telah memiliki fitur ini.

Stereo Audio Recording

Smartphone masa kini menyematkan beberapa microphone untuk menghasilkan perekaman suara yang lebih baik dan beberapa diantaranya telah dilengkapi dengan fitur noise cancelation. HTC One adalah salah satu smartphone yang mengusung microhone yang cukup canggih untuk perekaman suara.

Shutter Speed Lebih Cepat & Chip Khusus Pemroses Gambar (ISP)

Kamera DSLR dapat memproses sebuah gambar atau foto dengan cepat karena memiliki chip pemroses gambar atau ISP tersendiri, sehingga tidak membebani kinerja prosesor utama. Smartphone baru seperti Galaxy S4, LG Optimus G Pro, HTC One, dan Sony Xperia Z ini memiliki fitur semacam ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda