Scroll to Top

Lionel Messi Pemain Paling Penting di Liga Eropa, Cristiano Ronaldo Nomor 3

By Fitra Firdaus / Published on Tuesday, 02 Jul 2013

Lionel Messi Pemain Paling Penting di Kompetisi Eropa, Cristiano Ronaldo Nomor 3

Lionel Messi dinobatkan sebagai pemain paling berpengaruh di kompetisi Eropa (liga domestik dan Liga Champion) oleh CIES. Ia mengumpulkan 100 poin, dan unggul dari Cristiano Ronaldo (Real Madrid) yang cuma duduk di peringkat ketiga.

Dalam laporan oleh CIES (Centro Internacional e Estudios del Deportes), dipaparkan siapa-siapa saja pemain di liga elite Eropa yang perannya demikian menentukan bagi tim. Dan tidak mengejutkan jika kemudian ada nama Mario Gotze di peringkat kelima. Pria yang musim lalu berkostum Borussia Dortmund ini mengumpulkan 61,8 poin. Kontribusinya mengantar BVB untuk lolos ke final Liga Champions. Dengan usia yang masih 21 tahun, kompetensinya sebagai salah satu dari trio di belakang Robert Lewandowski menjadi kunci utama gemilangnya penampilan Dortmund di Eropa.

Di peringkat keempat, ada pemuda Jerman lain Mesut Ozil. Berkostum Real Madrid, ia mendapatkan 64,4 poin. Ia tidak hanya jago memberikan assist untuk para penyerang Los Blancos, tetapi juga menjadi pencetak gol tersubur keempat di kubu Santiago Bernabeu. Perannya setara dengan Xavi Hernandez di Barcelona.

Peringkat ketiga diduduki oleh Cristiano Ronaldo. Dengan fisik yang sangat prima, menit bermainnya di lapangan seperti memberi kepastian bahwa Los Blancos akan selalu mencetak gol. Top skor Liga Champions, sayang klubnya tidak meraih satu gelar pun. Poinnya 66,7.

Ada Franck Ribery di peringkat kedua dengan 82,1 angka. Perannya sangat istimewa di Bayern Munchen untuk membuat klub Bavaria merebut treble. Fisik tangguh, visi yang tajam, dan pengaruhnya untuk tim bisa dilihat ketika Munich menggelontor Barcelona di semifinal Liga Champions.

Nomor satu dihuni oleh Lionel Messi. Poinnya 100,0. Bisa dikatakan, pemenang Liga Spanyol musim ini bukanlah Barcelona, melainkan King Leo. Ia menjadi pembeda ketika timnya tampil tidak konsisten. Tidak terhitung berapa kali Barca menang karena 46 gol Messi di Liga Spanyol dan 8 golnya di Liga Champions. Salah satu momen paling berkesan musim ini, adalah ketika ia datang dari bangku cadangan dan membuat Barca menyamai PSG di Liga Champions.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda