Scroll to Top

ZTE Open: Smartphone Firefox OS Pertama Meluncur, Harga Rp 900 Ribuan

By Ditya / Published on Tuesday, 02 Jul 2013
ZTE Open
ZTE Open

Sistem operasi Firefox OS telah resmi diluncurkan di Spanyol dan hal ini disusul dengan peluncuran smartphone berbasis sistem operasi Firefox OS pertama, yakni ZTE Open. Smartphone ZTE Open ini dijual di Spanyol dengan harga US $90 atau sekitar Rp 900 ribuan saja. Lalu, apa yang ditawarkan ZTE Open? Simak ulasan berikut ini.

Mozilla secara resmi telah merilis sistem operasi untuk perangkat mobile dengan nama Firefox OS. Pembesut browser Firefox ini mengatakan bahwa sistem operasi Firefox OS ini membidik pasar smartphone kelas menengah dan entry-level, sehingga tak menjangkau pasar smartphone kelas high-end.

Firefox OS sendiri adalah proyek sistem operasi mobile untuk smartphone besutan Mozilla yang awalnya disebut dengan Boot2Gecko (B2G) yang menggabungkan kernel Linux sebagai inti sistem operasi, mesin rendering Gecko, dan standar HTML5 untuk standar tampilan antarmuka.

ZTE Open dan Alcatel Touch Fire menjadi smartphone pertama yang mengadopsi sistem operasi Firefox OS. Smartphone ZTE Open ini dibekali dengan layar sentuh berukuran 3,5 inci dengan resolusi HVGA 480 x 320 piksel. Smartphone ZTE Open ini tak terlalu besar, sehingga nyaman digenggam.

Sektor dapur pacu, smartphone ZTE Open ini tak terlalu istimewa dengan ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon MSM7225A yang mengusung prosesor single-core ARM Cortex-A5 dengan kecepatan 1GHz yang dipadukan dengan memori RAM sebesar 256MB dan didukung pengolah grafis dari Adreno 200.

ZTE Open ini dibekali kamera belakang dengan resolusi 3,15 megapiksel untuk mengabadikan momen. Tak hanya itu, smartphone ZTE Open ini dibekali baterai berkapasitas 1.200mAh untuk menyokong kehidupannya.

Seperti yang dilansir dari VR-Zone (01/07/2013), berdasarkan spesifikasi dan harga yang diusung oleh ZTE Open, smartphone ini akan berhadapan langsung dengan Nokia Asha 501.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda