Scroll to Top

GoAir Rekrut Wanita Langsing Demi Hemat BBM Pesawat

By Ilham Choirul / Published on Tuesday, 02 Jul 2013

goair

GoAir, salah satu maskapai penerbangan di India, diduga akan memberlakukan kebijakan yang tidak lazim. Perusahaan tersebut rencananya hanya menerima karyawan wanita langsing khusus ditempatkan sebagai awak kabin. Alasannya unik, perusahaan ingin menghemat bahan bakar yang nantinya dapat menghemat pengeluaran.

Pihak maskapai beralasan, dominasi karyawan wanita di dalam pesawat bisa mengurangi beban pesawat 15-20 kilogram dibanding pria. Selain itu, karyawan wanita lebih memiliki data tarik secara seksual. Namun, kebijakan rekrutmen bias gender ini dibantah oleh juru bicara maskapai. Dia mengatakan rasio awak kabin antara pria dan wanita berbanding 40:60.

Perlu juga dipahami, semakin berat pesawat saat terbang, memang membawa konsekuensi tersendiri dalam pemakaian bahan bakar.  Pengurangan berat saat terbang menjadi fokus utama dalam biaya bahan bakar, yang menguasai sekitar sepertiga sampai setengah biaya operasional sebuah maskapai. Dan, kecenderungan anggaran untuk bahan bakar terus meningkat.

Dikutip dari CNN Go, menurut perhitungan GoAir, setiap tambahan satu kilo berat pesawat akan berimbas pada munculnya biaya sebesar 3 rupee atau sekitar 0,05 dollar AS per jam terbang. Jika kebijakan awak kabin didominasi wanita langsing, maka uang yang bisa dihemat sekitar 500 ribu dollar AS per tahun.

Maskapai yang pertama kali menerapkan biaya sesuai degan berat badan penumpang adalah Samoa Air. Kebijakan ini diambil tahun lalu dan dianggap cara paling masuk akal dalam menghitung tarif perjalanan menggunakan pesawat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda