Scroll to Top

Liga Inggris: Beberapa Tugas Awal David Moyes di MU

By Wan Faizal / Published on Wednesday, 03 Jul 2013

DM MU

David Moyes memang telah memulai hari pertamanya di Manchester United. Tugas berat pun jelas sudah menanti suksesor Sir Alex Ferguson tersebut. Namun dari sekian tugas yang akan dihadapinya, ada setidaknya lima perkara yang harus ia selesaikan lebih dulu sebelum memulai kompetisi Liga Inggris 2013-2014.

Apa saja?

  • Memutuskan nasib Wayne Rooney

Sejak sebelum musim lalu berakhir, Wayne Rooney memang sudah membuat kubu United panik. Adalah Fergie yang membuat pernyataan bahwa Rooney ingin pergi yang membuat United harus segera menyelesaikan masalah ini. Di satu sisi United jelas tidak ingin kehilangan sang bintang. Namun di sisi lain buat apa mempertahankannya jika hati Rooney sudah tidak ada di The Red Devils?

Rooney-Coleen

Moyes, orang yang mengorbitkan nama Rooney saat keduanya masih di Everton tak ingin Rooney pergi. Kerja keras tentunya harus ia lakukan agar Rooney tetap merasa tertantang dan memutuskan bertahan di United.

Saat ini ada Arsenal yang serius menampung Rooney jika ia memang ingin pindah. Belum lagi ada tawaran dari PSG serta Neymar yang mengajak Rooney bergabung bersamanya di Barcelona.

  • Menguatkan sektor gelandang tengah

Tak bisa dipungkiri, sektor gelandang United memang mengkhawatirkan. Tercatat hanya Michael Carrick yang bisa diandalkan untuk tampil konsisten. Tom Cleverley dan Anderson lebih sering berkutat dengan cedera disaat Ryan Giggs sudah menua. Sedangkan Paul Scholes sendiri sudah pensiun.

Nama lain seperti Darren Fletcher juga “lebih betah” berada di ruang perawatan dibanding beraksi di lapangan. Phil Jones? Masa depannya adalah di pos bek tengah dan tidak mungkin terus dipaksakan bermain di pos gelandang.

United sendiri dihubungkan dengan setidaknya tiga gelandang berkualitas di bursa transfer kali ini. Selain Thiago Alcantara, ada juga Kevin Strootman dan Yohan Cabaye. Kini adalah tugas Moyes untuk menyelesaikan masalah ini.

  • Memutuskan siapa pemain yang harus pergi

Selain harus memikirkan bagaimana cara memperkuat tim, Moyes juga dihadapkan pada pilihan tentang perampingan skuad. Beberapa nama dinilai tidak maksimal musim lalu dan ada juga yang dianggap sudah harus pergi.

Nani dan Anderson masuk dalam kategori pertama. Keduanya jarang mendapat kesempatan main musim lalu. Apalagi keduanya juga butuh bermain reguler demi menjaga peluang bermain di Piala Dunia 2014 nanti.

Di kategori kedua ada nama Patrice Evra. Dengan usia yang sudah mencapai 32 tahun, banyak pihak menganggap waktu Evra di United telah habis. Jika Evra benar pergi, maka United akan berusaha untuk mendatangkan Leighton Baines dari Everton untuk berbagi tempat dengan Alexander Buttner.

Patrice Evra

  • Menambah “orang kepercayaan”

Bisa dibilang, ini adalah tugas yang fundemental bagi Moyes, memilih para staf untuk bekerja dengannya. Pilihan bagus sudah dibuatnya dengan menarik Steve Round, Chris Woods, dan Jimmy Lumsden dari Everton.

Round sudah menjadi asisten Moyes sejak 2008. Woods sudah berada di Everton sejak 1998. Bahkan Lumsden sudah bersama Moyes saat ia masih menangani Preston lebih dari satu dekade lalu.

Selain itu, penting bagi Moyes untuk menambah orang yang sudah paham kultur United. Nama Phil Neville dikedepankan karena ia adalah eks pemain dan merupakan pemain didikan United.

  • Harmonisasi ruang ganti

Moyes baru kali ini melatih tim besar, dan tim itu bernama Manchester United. Bukan tugas yang mudah memang karena hal yang harus ia hadapi salah satunya adalah bagaimana cara membuat kondisi ruang ganti selalu harmonis.

United diisi oleh banyak pemain bintang sehingga berpotensi munculnya ego-ego dari para pemain tersebut. Dan tugas berat untuk membuat semua bersatu ada di pundak Moyes.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda