Scroll to Top

Kerjasama Intel-Google Ciptakan Mimpi Buruk Bagi Microsoft

By Moch Ridwan / Published on Thursday, 15 Sep 2011
Google-Intel Dominasi sistem operasi mobile?

Beritabesar pekan ini kemungkinan jatuh pada preview Windows 8 yang telah diumumkan oleh Steven Sinofsky beberapa hari lalu. Tapi menurut saya ada lagi satu berita yang lebih besar jika dibandingkan dengan kabar itu, apa? tentu saja pengumuman aliansi antara google dan inter. Kenapa, sebab kerjasama keduanya akan menimbulkan masalah bagi setidaknya tiga group yaitu anti-paten Android, Meego, dan Microsoft. Yep Microsoft bro!

Saya tak akan mengatakan bahwa Android akan menjadi pesaing Windows dalam hal desktop. Tapi saya lebih menekankan bahwa Google OS yang akan mampu menciptakan masalah bagi desktop Windows, bukan Androidnya yang tinggal menunggu waktu.

Saya bisa ramalkan dari bola kristal saya bahwa Microsoft akan membeku dalam pasaran smpartphone dan tablet ditingkat low-end yang didominasi oleh Android memakai prosesor Intel dan ARM sedangkan ditingkat high-end tentunya Apple tetap menjadi rajanya.

Bagaimana dengan desktop? tentu saja akan masih ada Windows. Tapi seberapa pentingkan desktop dalam beberapa tahun kedepan? walau masih menjadi debat atas matinya desktop kedepannya yag digantikan oleh tablet. Maka saya dapat katakan bahwa kedepannya Android akan mampu mengalahkan para pesaing mereka.

Seperti yang kita ketahui bahwa Google dalam perjalanan untuk menyelesaikan pembelian Motorola Mobility dengan harga yang ciamik, ditambah dengan masuknya Intel yang kaya akan paten saya rasa Google akan bisa melenggang senang sambil berujar, “saya tak perlu lagi merasa khawatir akan isu intellectual propety (IP),”.

Sementara itu sistem operasi moblie berbasis Linux, Meego tampaknya akan secepatnya bergabung dengan HP WebOS kepembuangan barang rongsokan. Penggabungan Intel-Google, akan membuat sisa pendukung MeeGo akan mengalihkan perhartian mereka pada Android tapi sekali lagi saya bisa katakan tak ada jalan bagi mereka untuk survive jika ingin berkompetisi dengan Android seperti yang diucapkan General Manager Divisi Software Intel Doug Fisher bahwaintel berkomitmen penuh pada Meego, tapi inilah kehidupan internet hadir hair ini dan keesokannya sudah pergi.

Memang amat sayang untuk direlakan. Tapi Anda harus percaya pada saya bahwa persaingan sistem operasi mobile sungguh suatu hal yang terelakkan. Melalui duet Intel-Google maka kedepannya saya akan bisa melihat mereka berkembang jauh lebih cepat. Saya berani bertaruh bahwa Android dan iOS akan bertahan sebagai sistem operasi mobile. Maaf bagi Windows yang memang sedikit lebih terlambat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda