Scroll to Top

Bumi Kiamat 1 Miliar Tahun Lagi

By Ibnu Azis / Published on Wednesday, 03 Jul 2013

5 Planet yang Bisa Dihuni Manusia

Menurut studi terbaru dari peneliti Universitas St Andrews, Skotlandia memrediksi Bumi akan kiamat dalam tempo 1 miliar tahun kedepan. Apa dan bagaimana ramalan tersebut?

Dikutip dari VivaNews yang melansir The Hindu, binasanya planet ini akibat semakin tipisnya kandungan karbon dioksida di atmosfer. Jack O’Malley James dari University of St Andrews mengatakan jika ini diakibatkan penguapan reaksi kimia dari air hujan yang meningkat.

Tingkat karbon diokasida, jelasnya, bakal menurun drastis. Penurunan ini akan akibatkan tumbuhan dan hewan bahkan manusia lenyap dari Bumi. Di saat yang sama, oksigen akan mengering karena suhu meningkat.

Masih menurutnya, sebab utama bakal lenyapnya Bumi adalah Matahari. Dalam 1 miliar tahun kedepan Matahari akan terus bersinar sedangkan Bumi alami pemanasan global. Air laut yang menguap membuat manusia  butuhkan ‘kantong-kantong’ air.

Mereka akan tinggal di dataran tinggi dan gua untuk dapatkan suhu dingin. Ini dilakukan untuk menjaga suhu badan mereka yang dalam kondisi sekitar sangat panas. Bahkan James sarankan agar manusia segera temukan planet baru mulai dari sekarang.

Manusia, tegasnya, mulai detik ini harus berfikir untuk temukan planet pengganti yang mendukung kehidupan. Syaratnya, planet-planet tersebut wajib miliki oksigen dan atmosfer.

Penelitian yang dikomandoi James tak hanya meramal Bumi di masa depan. Penelitiannya juga membantu manusia untuk temukan ‘rumah’ baru di masa mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda