Scroll to Top

EXCO PSSI Yang Baru Telah Diakui FIFA

By Agus Prasetyo / Published on Wednesday, 03 Jul 2013

pssi djohar arifin roy suryo menpora la nyalla

PSSI yang melakukan restrukturisasi organisasi saat Kongres beberapa waktu lalu, akhirnya diakui badan sepak bola tertinggi dunia  FIFA. Dengan demikian FIFA secara otomatis juga mengakui susunan Komite Eksekutif (Exco) PSSI yang terbaru.

Seperti yang diketahui jika Exco yang awalnya terdiri atas Djohar Arifin Husin (ketua umum PSSI), Farid Rahman (ketua umum PSSI), Bob Hippy, Sihar Sitorus, Tuty Dau, Mawardi Nurdin, Widodo Santoso, La Nyalla Mattalitti, Robertho Rouw, Tony Aprilani dan Erwin Dwi Budiawan diminta untuk direstrukturisasi.

Alasan utama dilakukannya restrukturisasi ini adalah dalam badan tersebut terdapat kubu yang saling berseberangan.

Hal ini kian menguat setelah Farid, Bob, Sihar, Tuty, Mawardi dan Widodo melakukan walk out saat kongres sebagai bentuk tentangan terhadap KLB yang digelar di Hotel Borobudur Jakarta.

Aksi ini membuat Indonesia nyaris mendapat hukuman dari FIFA, sebab kongres ini adalah kesempatan terakhir yang diberikan FIFA kepada PSSI untuk berdamai.

Beruntung FIFA tidak menyikapi keenamnya dan lebih memperhatikan keinginan angota Exco tersisa dan para anggota PSSI, yang masih berkomitmen menyelenggarakan KLB.

Hal ini didukung pula oleh FIFA sehingga rapat lanjutan langsung digelar usai KLB. Hasilnya keenamnya dibekukan dan enam anggota baru diangkat, yakni Dzulfadli, Djamal Azis, Hardi Hasan dan La Siya.

Perubahan struktur pun terjadi, La Nyalla diangkat menjadi wakil ketua umum bersama Farid Rahman. Keputusan ini akan diresmikan pada Kongres berikutnya.

Pada Kongres berikutnya di Surabaya pada 17 Juni 2013, PSSI kemudian menetapkan bahwa kenam Exco yang melakukan aksi indisipliner tersebut dipecat dan dilarang aktif di sepak bola.

Dengan demikian La Nyalla resmi menjadi wakil ketua umum PSSI. Pada kongres Surabaya ini pula, PSSI mengangkat sekretaris jenderal baru (Sekjen), Djoko Driono.

Jika sebelumnya keputusan soal keenam exco indisipliner terus mendapat tentangan dari kubu keenamnya dengan mempertanyakan legalitasnya, kini hal tersebut terjawab.

Nama La Nyalla Mattalitti serta Joko Driyono sudah tercantum dalam situs resmi FIFA sebagai wakil ketua umum dan sekjen.

Sementara dalam kongres berikutnya yang dijadwalkan digelar pada 2014, PSSI mengagendakan pemilihan Komite Eksekutif baru untuk menggantikan enam yang dipecat.

Tagged as:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda