Scroll to Top

5 Hal yang Bisa Dijadikan Pelajaran dari Hubungan Masa Lalu

By Ilham Choirul / Published on Wednesday, 03 Jul 2013

hubungan

Masa lalu yang pahit dalam menjalin hubungan, dapat dijadikan pelajaran untuk menghadapi hubungan baru di masa depan. Anda mesti berkomitmen untuk memperbaiki berbagai kesalahan masa lalu agar tidak terulang lagi. Beberapa hal penting yang bisa ambil hikmahnya dari hubungan masa lalu di antaranya:

  1. Memperhatikan komunikasi dengan pasangan. Tidak dipungkiri, masalah komunikasi kerap menjadi awal dari konflik dalam hubungan. Jika masalah ini yang menjadi pemicu perpisahan Anda dengan mantan, maka sebaiknya perbaiki cara Anda melakukan komunikasi dengan pasangan baru Anda.
  2. Saling menghormati. Kadang ketika pasangan merasa dilecehkan, maka dia akan marah. Tidak setiap pasangan bisa menyampaikan perasaan kesalnya. Ketika emosi sudah memuncak, lantas terjadilah perpisahan. Sikap saling menghormati sangat penting dalam sebuah hubungan. Berikan apresiasi yang layak bagi pasangan Anda dan ingatkan dengan sanun ketika dia berbuat kesalahan. Proses ini harus berjalan dua arah.
  3. Buang jauh-jauh memori masa lalu yang dapat mengganggu hubungan Anda. Mungkin Anda memiliki kenangan dengan mantan yang tidak bisa dilupakan. Untuk sekarang, Anda harus menatap masa depan. Pasalnya, Anda sudah memiliki pasangan baru yang juga akan memberikan warna baru dalam kehidupan Anda. Masa lalu biarlah berlalu.
  4. Hindari untuk menjadi seorang pemaksa. Artinya, jauhi sikap-sikap otoriter yang menuntut keinginan Anda wajib dipenuhi pasangan. Siapa pun tidak akan senang apabila hidup dengan seorang diktator yang tidak bisa diberi masukan. Setiap pasangan memerlukan rasa nyaman dan sikap saling memahami. Egoisme yang berlebihan hanya akan membuat sakit hati.
  5. Hubungan cinta adalah sebuah kebersamaan. Anda perlu mengingat hal ini, sebab memiliki pasangan itu membuat posisi Anda kini tidak sendirian. Setiap masalah dan kegembiraan akan dirasakan bersama. Oleh karena itu, Anda dan pasangan mesti saling mengisi demi mewujudkan hubungan yang makin membahagiakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda