Scroll to Top

BBM Sempat Ngadat, Blackberry: Gangguan Hanya di Indonesia

By Ibnu Azis / Published on Thursday, 04 Jul 2013

Blackberry Messenger

Kembali, Blackberry Messenger (BBM) alami masalah. Pengguna sejumlah operator keluhkan ngadatnya BBM pada Rabu (03/07/2013) kemarin mulai siang hingga sore hari. Blackberry menginformasikan jika gangguan hanya terjadi di Indonesia.

Hingga petang kemarin, layanan tersebut masih belum stabil. Soal gangguan teknis yang dialami, Blackberry tidak berikan detail informasi lebih lanjut. Mereka hanya menginformasikan jika masalah yang ada tidak meluas di luar wilayah Indonesia.

“Sehubungan dengan gangguan jaringan BlackBerry di Indonesia hari ini, gangguannya hanya di Indonesia,” tulis keterangan Blackberry yang dikutip dari Detik.

Imbas dari ngadatnya BBM, muncullah pesan berantai atau Broadcast Message (BM) yang diterima pengguna. Intinya, akibat masalah ‘mogoknya’ BBM, pengguna wajib sebarkan BM yang diterima ke seluruh kontak yang dimiliki. Bila tidak, penerima pesan akan terancam kehilangan aktivasi BB-nya.

“…jika Anda tidak mengirim pesan ini ke semua kontak BlackBerry Messenger Anda maka account Anda akan ditetapkan tidak aktif dengan konsekuensi dari kehilangan semua kontak Anda…” bunyi cuplikan BM yang diterima pengguna.

Sementara itu, Rabu malam BBM sudah mulai berangsur pulih. Sejumlah pengguna melaporkan jika sudah bisa lagi berkirim pesan BBM ke sesama pengguna. Sejumlah operator mengamini jika layanan BBM telah ‘sehat’ dan bisa digunakan kembali.

Blackberry Messenger adalah salah satu amunisi andalan yang dimiliki Blackberry. Namun, Blackberry justru miliki niatan untuk gratiskan platform instans message-nya ini ke device lain. Sempat beredar jika 27 Juni BBM akan rilis di Android dan iOS. Namun, Blackberry menyanggah rumor tersebut dan memang di tanggal yang dimaksud BBM masih belum tersedia di dua OS kondang itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda