Scroll to Top

Ikan Tertua di Dunia, Dipancing di Alaska Berusia 200 Tahun

By Ibnu Azis / Published on Thursday, 04 Jul 2013

Ikan Tertua di Dunia 1

Henry Liebman (32) tak menyangka berhasil mendapat seekor ikan yang disebut bakal pecahkan rekor ikan tertua di dunia. Ia menangkap ikan berusia 200 tahun itu saat memancing di sebuah Negara Bagian Alaska, Amerika Serikat.

Pegawai Asuransi itu tak kuasa menahan takjub. Menurutnya, ikan itu berjenis rockfish. Henry Liebman sendiri melempar kail hingga kedalaman 274 meter di kedalaman air. Ikan itu, ujarnya, membuat rekor baru yang tak terduga.

Ikan rockfish sendiri hidup di Pasifik dan Atlantik. Daily Mail menulis jika para ahli memerkirakan umur ikan tersebut mencapai 200 tahun. Sedangkan untuk penampakan fisiknya, ikan ini miliki panjang sekitar 1 meter dan berat 17,9 kilogram.

Sayangnya Henry Liebman enggan untuk melepas kembali ikan langka itu. Ia mengakui jika temukan ikan yang tak normal. Namun, tetap putuskan dibawa pulang ke Seattle untuk dipamerkan.

rockfish
Diyakini ikan rockfish ini berusia 200 tahun.

Sementara itu sejumlah aktivis penyayang hewan mengecam aksi yang dilakukan Henry Liebman. Sebab, dirinya membawa ikan tersebut dalam kondisi mati. Henry Liebman dianggap telah ‘membunuh’ salah satu ikan eksotis di dunia.

Di lain pihak, Troy Tidingco, dari Alaska Department of Fish and Game mengamini jika tangkapan Henry Liebman memang berusia itu. Apa yang diyakini telah teruji secara ilmiah.

Untuk membuktikannya, sample ikan dibawa ke laboratorium untuk diteliti. Kemudian dilakukan analisis untuk struktur, berat, dan panjang tulang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda