Scroll to Top

AMD: Kami Tak Miliki Rencana untuk Pasar Smartphone

By Ditya / Published on Thursday, 04 Jul 2013

AMD Logo baru

Beberapa waktu lalu Advanced Micro Device atau AMD menyatakan akan mendukung sistem operasi Google Android dan Chrome OS. Meski demikian, AMD mengatakan bahwa pihaknya belum memiliki rencana untuk pasar smartphone. Ini berarti AMD tidak memiliki rencana untuk merancang chipset smartphone seperti yang dilakukan oleh Nvidia, Qualcomm, dan Intel.

AMD adalah produsen prosesor x86 terbesar kedua di dunia ini memang telah memiliki lisensi untuk prosesor ARM Cortex-A50 dan memiliki akses untuk memproduksi chipset degan proseso fabrikasi 14nm dari GlobalFoundries. Hal ini sebenarnya adalah keuntungan yang dimiliki AMD saat ini jika mengembangkan chipset untuk smartphone.

Namun, harus diakui bahwa AMD memang belum memiliki pengalaman untuk mengembangkan chipset untuk smartphone yang memiliki konsumsi daya 1W atau lebih rendah lagi. Selain itu, pembesut APU ini juga tak memiliki IP komunikasi. Dua hal inilah yang membuat AMD sulit untuk memasuki pasar chipset smartphone.

Namun, AMD harus mencontoh dua pesaing kuatnya yang kini mulai terjun ke pasar smartphone, yakni Intel dan Nvidia. Nvidia memiliki jajaran chipset Tegra yang cukup populer, meski sempat gagal di Tegra generasi awal. Sedangkan Intel kini mencoba menghadirkan solusi Atom untuk smartphone Android. Meski belum terlalu populer, Intel secara konsisten terus mendukung langkahnya.

“Kami benar-benar ingin bermain untuk kekuatan kami di mikroprosesor, desain dan kemampuan grafis. Game adalah fokus utama bagi AMD. Kami mencari daerah untuk membedakan dan game adalah tempat di mana kita bisa membedakan. Kami akan terus mencari peluang kunci. Pasar PC tradisional benar-benar berubah seperti yang kita lihat banyak faktor bentuk baru.”

“Bisnis PC adalah kunci kami, tapi kami akan mencari peluang yang akan membantu kita tumbuh. Strategi APU kami bekerja. Kami telah mengumumkan APU generasi ketiga kami pada bulan Mei – Kabini, Temash dan Richland. Kami mendapat umpan balik yang kuat dan semakin banyak aplikasi akan menggunakan arsitektur APU,” kata Lisa Su, senior vice president dan general manager of global business units di AMD.

Seperti yang dilansir dari Xbitlabs (03/07/2013), pernyataan Lisa Su ini secara tak langsung menunjukkan bahwa AMD masih berkonsentrasi dengan APU dan belum terlihat ada rencana ke pasar smartphone.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda