Scroll to Top

Gempa Aceh Telan 45 Korban, SBY Tenangkan Rakyat Via Twitter

By Fitra Firdaus / Published on Friday, 05 Jul 2013

Gempa Aceh Telan 45 Korban, SBY Tenangkan Rakyat Via Twitter

Gempa Aceh yang berkekuatan 6,2 Skala Richter menyebabkan korban meninggal 45 orang, dan 15 lainnya hilang di Kabupaten Bener Meriah dan Aceh Tengah. Sementara itu, Presiden SBY melalui akun twitternya menyatakan telah memberi instruksi agar pemerintah bekerja sebaik-baiknya berkaitan dengan gempa tektonik ini.

Saat ini, masa tanggap darurat gempa ditetapkan di Aceh untuk jangka waktu seminggu, hingga Selasa, 9 Juli 2013 mendatang. Dan dilansir oleh Suara Pembaruan, korban meninggal akibat Gempa Aceh mencapai 45 orang. Dan ada 15 orang yang hingga saat ini belum ditemukan.

Dituturkan oleh Khairul Asmara, Wakil Bupati Aceh Tengah kepada Suara Pembaruan, saat ini ada sekitar 450 warga yang terluka oleh gempa. Dibandingkan Bener Meriah, Aceh Tengah memang lebih parah terdampak gempa. Hal ini bisa dilihat pula dari rumah yang hancur. Dari 3937 rumah, 3187 di antaranya berada di wilayah tersebut.

Kecamatan terparah yang terkena gempa adalah Kecamatan Ketol. Warga yang selamat saat ini membutuhkan air, makanan, dan obat-obatan. Namun, bantuan terkendala oleh lokasi yang susah ditembus, baik melalui jalur darat maupun helikopter.

Sementara itu, Presiden SBY melalui akun twitternya menyatakan bahwa pemerintah terus berupaya untuk mengatasi dampak gempa bumi di Aceh, selain asap dan kebakaran ladang di Riau. SBY menyatakan Menko Kesra telah memberi laporan dari Aceh, bahwa tanggap darurat terus dilaksanakan. SBY sendiri memerintahkan agar semua pihak bekerja sebaik mungkin, dengan cara bergerak cepat.

“Terima kasih TNI, Polri & Satgas BNPB atas kerja kerasnya. Kita bisa #Indonesiabisa. Yang penting gerak cepat dan daerah jangan terlambat lagi,” demikian yang disampaikan SBY berikutnya.

Foto: Tempo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda