Scroll to Top

AMD Gandeng LibreOffice untuk Manfaatkan Akselerasi Grafis

By Ditya / Published on Friday, 05 Jul 2013
LibreOffice
LibreOffice

Advanced Micro Device atau AMD tampaknya tengah giat mengandeng pengembang aplikasi dan game setelah sebelumnya menggandeng Aviary dan pengembang game Battlefield, kini AMD bergabung dengan LIbreOffice agar aplikasi tersebut memanfaatkan akselerasi grafis besutan AMD untuk meningkatkan kinerja.

LibreOffice adalah software office gratis dan open source yang dikembangkan oleh The Document Fundation (TDF). Proyek LibreOffice didirikan pada tahun 2010 yang dibuat berdasarkan aplikasi office open-source OpenOffice.org.

Karena sifatnya yang lebih terbuka, proyek ini menarik banyak kontributor baru sehingga memungkinkan LibreOffice untuk maju lebih cepat. Saat ini, TDF memiliki 500 pengembang aktif yang terus bekerja meningkatkan kemampuan LibreOffice.

Langkah AMD untuk bergabung dengan proyek LibreOffice ini cukup tepat, mengingat Intel yang merupakan pesaing kuatnya di pasar prosesor juga telah bergabung. Aplikasi LibreOffice ini nantinya akan mampu memanfaaatkan akselerasi grafis dari AMD Radeon atau AMD APU.

“Membawa paralelisme dan kinerja teknologi kami untuk tradisional, utama pengguna perangkat lunak bisnis akan menjadi inovasi untuk menyambut pengguna yang menggunakan spreadsheet untuk tugas berat, terutama bila dikombinasikan dengan kemampuan menghitung dari generasi mendatang AMD pada produk berbasis Heterogen System Architecture (HSA),” kata Manju Hegde, VP heterogeneous solutions di AMD.

Seperti yang dilansir dari Fudzilla (04/07/2013), LibreOffice nantinya akan mampu memanfaatkan dua tenaga komputasi, yakni prosesor dan prosesor grafis. AMD sendiri telah memiliki tool untuk optimasi open-source berbasis bahasa pemrograman OpenC, Python, Java, JavaScript, dan C++ AMP.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda