Scroll to Top

T8 Spiderbot, Robot Laba-laba Hasil Cetakan Printer 3D

By Ditya / Published on Friday, 05 Jul 2013
T8 Spiderbot
T8 Spiderbot

Sebuah robot laba-laba yang merupakan hasil cetakan printer 3D telah berhasil diciptakan dan mengusung nama T8 Spiderbot. Robot T8 Spiderbot ini diciptakan dengan meniru cara laba-laba bergerak dengan menggunakan basis robot hexapod atau robot dengan delapan kaki.

Robot T8 Spiderbot ini diciptakan oleh Robugtix yang meniru laba-laba. Uniknya, bodi atau badan robot T8 Spiderbot ini dicetak menggunakan teknologi printer 3D. Di dalam tubuhnya yang sangat mirip laba-laba asli tersebut, terseimpan 26 servo motor yang digunakan untuk menggerakkan tubuhnya.

26 mesin servo motor ini telah didesain sedemikian rupa agar membuat robot T8 Spiderbot ini bergerak menyerupai laba-laba asli. Pengendalian robot laba-laba unik T8 Spiderbot ini cukup mudah, pengguna tak perlu harus mengerti tentang pemrograman dan tentang teknis robot ini. Pengguna cukup mengirim perintah sederhana melalui XBee nirkabel untuk memerintahkan T8 Spiderbot.

Robot laba-laba T8 Spiderbot ini kabarnya mulai dikapalkan pada akhir bulan September 2013 ini dengan harga yang cukup mahal, yakni US $1.350 atau sekitar Rp 13 jutaan. Pengguna juga dapat membeli sitick analog untuk mengendalikan T8 Spiderbot dengan mengeluarkan tambahan dana sebesar $85.

Seperti yang dilansir dari Engadget (04/06/2013), jika harga T8 Spiderbot ini dinilai terlalu mahal, pengguna dapat mempertimbangkan robot enam kaki mini bernama iitsii hexapod yang mulai dikapalkan akhir Agustus 2013 ini.

Sebelumnya telah muncul robot yang mengusung mekanisme serupa, tetapi hanya mengusung enam kaki atau hexapod yang berukuran besar yang dapat dikendaran manusia laiknya mengendarai mobil. Hal inimenandakan bahwa teknologi robot terus mengalami kemajuan yang cukup pesat.

Penasaran dengan robot T8 Spiderbot besutan Robugtix ini? Simak video demo T8 Spiderbot berikut ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda