Scroll to Top

Kepuasan Intim Ditentukan oleh Motivasi Pasangan

By Ilham Choirul / Published on Friday, 05 Jul 2013

pasangan

Kepuasan pasangan dalam bercinta sangat dipengaruhi oleh motivasi yang ada di dalam pikirannya. Ini terlihat dari hasil studi yang dilakukan Universitas Toronto yang menyelidiki kaitan dalam masalah tersebut. Peneliti mendapati, motivasi dapat menentukan sebarang tinggi tingkat kepuasan seseorang terhadap pasangannya dalam urusan keintiman. Demikian dikutip Huffington Post.

Saat ini ada dua motivasi utama seseorang bercinta. Pertama, ingin meningkatkan keintiman dengan pasangannya. Pilihan kedua yaitu ingin menyenangkan pasangannya, padahal dia belum atau tidak terlalu menginginkan bercinta pada saat itu.

Sementara itu, peneliti  menyelidiki tingkat kepuasan berdasarkan motivasi tersebut dengan melibatkan 517 partisipan yang telah memiliki pasangan. Mereka terbagi dalam 8 skenario penelitian. Pada beberapa skenario, mereka diminta untuk memberikan penilaian terhadap pasangannya terkait urusan bercinta dengan motivasi “ingin lebih dekat dengan pasangan” dan “sekadar agar pasangan senang”. Partisipan menilai pasangannya menurut skala angka 1-7.

Hasilnya, partisipan yangbercinta untuk tujuan ingin lebih dekat dengan pasangan memiliki kepuasan lebih tinggi dibanding sekadar ingin menyenangkan pasangan.

Lantas, peneliti melakukan percobaan untuk kali kedua. Kali ini melibatkan 108 pasangan heteroseksual. Setiap pasangan diminta untuk mengisi survey. Hasil yang didapat ternyata sama.

Dari studi yang diterbitkan dalam buletin Personality and Social Psychology, studi yang dipimpin psikolog Amy Muise ini berkesimpulan, bercinta akan lebih saling memuaskan ketika pasangan tidak dalam kondisi terpaksa atau hanya untuk menyenangkan pasangan. Pasalnya, keterpaksaan hanya akan mengurangi nilai kepuasan dan mungkin berakibat pada perasaan terhadap pasangan dalam jangka panjang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda