Scroll to Top

Ruchi Sanghvi, Engineer Perempuan Pertama Di Facebook

By Aisyah Indarsari / Published on Friday, 23 Sep 2011

Siapa sangka, srikandi satu ini ada dibalik kesusksesan awal Facebook hingga jejaring sosial yang beranggotakan lebih dari 750 juta pengguna bisa sepopuler saat ini.

Adalah Ruchi Sanghvi, wanita keturunan India yang pernah mengecap pendidikan di Universitas Carnegie Mellon, yang merupakan satu-satunya wanita yang merupakan salah satu dari 10 engineer pertama yang dipekerjakan Mark Zuckerberg pada masa-masa awal berdirinya Facebook.

Seperti yang diberitakan HuffingtonPost, peran Ruchi ternyata tidak bisa dianggap remeh. Dia lah yang pertama kali mencetuskan News Feed yang saat ini updatenya paling Anda nanti-nantikan di akun Facebook Anda.

Walaupun pada saat pertama kali News Feed diperkenalkan, tanggapannya hampir sama dengan tanggapan para pengguna Facebook yang sedang “dikesalkan” dengan banyaknya perubahan interface Facebook saat ini, akan tetapi akhirnya, pengguna tidak bisa meninggalkannya.

Ada kejadian menarik yang Ruchi ceritakan saat pertama kali ia datang ke kantor Facebook di Palo Alto untuk suatu wawancara pada tahun 2005 yang lalu. Ia harus menunggu selama 2 jam di kantor tersebut untuk akhirnya dapat menemui seseorang yang bertanggung jawab dalam hal proses rekrutmen yang sedang berlangsung.

Baru kemudian ia ketahui, bahwa pegawai yang bertanggung jawab tersebut kelelahan karena bekerja lembur, dan tertidur di kantor.

Untuk sebuah pekerjaan di bidang yang banyak diminati kaum pria, tentu saja Ruchi harus berjuang untuk dapat berbaur dan “diakui” oleh para teknisi “brogamming” tersebut. Brogamming adalah istilah slang bagi seorang programming komputer yang memang mayoritas di kuasai oleh kaum laki-laki (bro).

Meskipun sempat melewati masa-masa sulit, dan tentu saja sampai merubah kepribadiannya menjadi keras agar dapat bertahan, kemampuannya memang pantas diakui dan akhirnya dihargai oleh teman-teman kolega kerjanya.

Dan kini walaupun Ruchi telah keluar dari Facebook tahun 2010 lalu, dan membuat perusahaannya sendiri yang bernama Cove, kontribusinya di dunia sosial media, khususnya jejaring sosial akan selalu mengharumkan nama kaum wanita di dunia.

One thought on “Ruchi Sanghvi, Engineer Perempuan Pertama Di Facebook”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda