Scroll to Top

Facebook Tak Rela Merek Dagangnya Dipakai Situs Lain

By Ibnu Azis / Published on Friday, 05 Jul 2013

Facebook

Facebook lusa kemarin ajukan keberatan ke World Intellectual Property Organization (WIPO). Keberatan ini terkait dengan domain beberapa situs yang menyematkan merek dagang mereka, ‘Facebook’.

Setidaknya ada 20-an situs yang diajukan keberatannya oleh jejaring sosial semiliar umat ini. Entah situs itu miliki layanan terkait Facebook atau hanya memanfaatkan popularitas, yang jelas social networking kondang tersebut tak rela jika ‘namanya’ tercatut.

Situs-situs yang dilaporkan diantarannya Myspace-Facebook.com, FacebookSafetyPup.com, FacebookLikesPages.com, Fäcebook.org, dan FacebookAteMyBaby.com.

Jika mengunjungi salah satu situs yang diajukan, sejatinya ada diantaranya yang tidak aktif atau sekadar ‘diparkir’. Situs FacebookSafetyPup.com misalnya, situs ini aktif namun hanya sekadar ‘parkir’, menunggu orang meminang domainnya saja.

Situs lain, FacebookAteMyBaby.com misalnya. Situs ini bahkan tidak aktif. Situs tersebut tak bisa dibuka dan menurut diskripsi dari Google Search, FacebookAteMyBaby.com menyoroti penggunaan media sosial macam Facebook dan Twitter yang hancurkan budaya sosial di masyarakat (face to face).

Sementara itu untuk domain lokal ada situs beralamat Facebook.web.id. Situs ini berisi iklan-iklan afiliasi dan bertuliskan sedang dalam perawatan (mantenance).  Lantas apa tujuan utama Facebook ajukan keberatan itu?

Ada dua alasan. Pertama, Facebook keberatan dengan merek dagang yang digunakan oleh pihak lain untuk kepentingan tertentu. Jelas ini merugikan FB secara bisnis. Alasan kedua, terkait pengguna.

Tidak ditutup kemungkinan situs-situs yang mencatut nama Facebook di domain yang digunakan bisa berdampak negatif. Seperti adanya unsur penipuan atau kejahatan lain terkait cyber. DIkutip dari The Next Web, Facebook belum berikan komentar resmi terkait ajuan keberatan mereka ke WIPO.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda