Scroll to Top

10 Manfaat Nangka untuk Kulit Makin Cantik

By Ilham Choirul / Published on Friday, 05 Jul 2013

nangka

Buah nangka bisa dikonsumsi matang maupun mentah. Nangka matang biasa dimakan langsung atau ditambahkan pada minuman untuk memunculkan aroma wangi yang menggoda, seperti pada es dawet atau cendol. Sementara saat mentah, nangka kerap dipakai sebagai isi dalam menu sayur.

Tahukah Anda? Nangka pun ternyata sangat baik untuk menjaga kecantikan kulit Anda. Kandungan gizi yang ada di buah ini mampu menyuplai nutrisi bagi wajah sehingga menyehatkannya. Dikutip dari Boldsky, inilah manfaat nangka bagi kecantikan:

  1. Mencegah dan menyamarkan keriput di mata. Caranya, celupkan nangka matang pada pada susu dingin beberapa saat, lalu gosokkan lembut pada kerutan Anda. Pemakaian rutin selama empat minggu bisa menghilangkan kerutan di sekitar mata Anda.
  2. Menyembuhkan jerawat. Menghilangkan jerawat bisa diatasi dengan membuat bubur nangka. Lembutkan nangka lalu tempelkan pada tempat berjerawat sampai mengering, atau kurang lebih 15 menit. Setelah itu bilas sampai bersih.
  3. Mengatasi kulit berminyak.  Buatlah bubur nangka yang ditambahkan sesendok minyak zaitun. Gunakan pasta nangka tersebut sebagai masker untuk wajah dan leher. Diamkan selama 30 menit dan bilas memakai air hangat. Setelah selesai, tepuk-tepuk wajah Anda secara ringan.
  4. Mengatasi kulit terbakar. Akibat sinar matahari yang terik, kulit Anda dapat terbakar dengan ditandai kulit berwarna coklat kemerahan dan agak perih. Nangka dapat mengatasinya dengan cara membuat bubur nangka yang ditambahkan sedikit air lemon. Gunakan pada kulit yang terbakar dan lakukan secara rutin selama sebulan.
  5. Kulit lebih bersinar. Anda mesti memanfaatkan biji nangka untuk ini. Giling biji nangka kering dan tambahkan susu dengan madu. Oleskan pasta tersebut pada wajah dan leher. Agar lebih menunjang kulit bersinar, makanlah buah nangka matang untuk perawatan dari dalam tubuh.
  6. Mengatasi noda wajah. Caranya tinggal menerapkan bubur nangka ada noda wajah. Nangka kaya vitamin C yang dapat memperbaiki kerusakan sel-sel kulit.
  7. Mengurangi pigmentasi kulit di sekitar mulut dan dagu.  Nangka dapat memperbaiki pigmentasi ke warna kulit asli. Gunakan bubur nangka di bagian yang mengalami pigmentasi. Pijat lembut selama lima menit dengan gerakan melingkar. Diamkan selama 10 menit lalu bilas.
  8. Menyembuhkan kutil berukuran kecil. Pakailah biji nangka kering yang telah ditumbuk untuk dioleskan pada kutil. Lakukan minimal dua minggu hingga kutil mengelupas sendiri.
  9. Merawat kulit kering. Buatlah jus nangka dan pakai untuk masker. Setelah kering, bilas memakai susu untuk mendapatkan hasil terbaik.
  10. Menyembuhkan luka ringan. Buah ini kaya vitamin C dan A yang membantu penyembuhan luka kecil. Terapkan bubur nangka di tempat luka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda