Scroll to Top

Google Bayar Adblock Plus agar Iklannya Ditampilkan

By Ditya / Published on Saturday, 06 Jul 2013
Adblock Plus
Adblock Plus

Kabar kurang sedap bagi pengguna Adblock Plus dan para pembenci iklan, Google dikabarkan membayar pengembang Adblock Plus, EYeo agar iklannya ditampilkan dan dimasukkan ke dalam daftar whitelist. Jika hal ini benar, maka akan banyak pengguna Adblock Plus yang kecewa.

Google dikabarkan membayar EYeo, sebuah perusahaan yang ada dibalik Adblock Plus untuk menampilkan iklannya. Seperti yang kita ketahui, Adblock Plus sendiri hadir sebagai plug-in gratis untuk browser Chrome dan Firefox dan kini Google membayarnya agar masuk daftar “whitelist“.

Whitelist sendiri kabarnya adalah sebuah daftar dimana penyedia iklan yang terdaftar di dalamnya dapat menampilkan iklannya saat pengguna menggunakan Adblock Plus. Secara umum, whitelist adalah daftar pengecualian iklan yang diblokir oleh Adblock Plus.

“Mengelola daftar ini membutuhkan sejumlah besar upaya di pihak kita dan tugas ini tidak dapat sepenuhnya diambil alih oleh para relawan,” pernyataan Adblock Plus.

Seperti yang kita ketahui, Google adalah raksasa internet yang sebagian besar penghasilannya berasal dari iklan. Perusahaan yang kini dipimpin oleh CEO Larry Page ini akan berusaha agar pengguna internat dapat melihat iklan yang ditampilkan. Hal ini terbukti dengan perseteruannya dengan Microsoft mengenai aplikasi YouTube untuk Windows Phone yang tidak menampilkan iklan.

Di sisi lain, banyak pengguna yang risih atau tidak nyaman dengan munculnya iklan dihadapan mereka. Kehadiran Adblock Plus ini seperti menjadi senjata yang ampuh untuk mengusir iklan-iklan yang tampil. Tentu saja apa yang dilakukan oleh Adblock Plus ini menghambat penghasilan raksasa internet Google.

Seperti yang dilansir dari VR-Zone (05/07/2013), sampai saat ini belum ada keterangan lebih lanjut mengenai kesepakatan Adblock Plus dengan raksasa internet Google.

Pengguna Adblock Plus, bagaimana komentar Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda