Scroll to Top

900 Juta Perangkat Android Miliki Resiko Tinggi Soal Keamanan

By Ibnu Azis / Published on Saturday, 06 Jul 2013

Android bug

Dalam konferensi pengembang Google I/O beberapa waktu lalu, diumumkan jika ada sekitar 900 juta device Android yang ‘bergentayangan’ di seluruh dunia. Menurut temuan BlueBox, ada ‘celah utama’ yang mengancam sistem keamanan di hampir 1 miliar perangkat robot ijo yang tersebar itu.

Jeff Forristal dari BlueBox dalam ulasan di blog resminya menulis jika celah ini bisa dimanfaatkan penjahat siber untuk digunakan dalam aksi pencurian data, memata-matai, mengambil alih (remote), dan mengirim pesan sampah (spam).

Dikutip dari Daily Mail, celah tersebut ditemukan di semua versi Android sejak dirilis tahun 2009 lalu. Menurutnya, ada kesalahan yang dilakukan dalam menangani verifikasi kriptografi di program yang diinstal di ponsel.

Kiptografi sendiri dilakukan untuk mengecek legalitas aplikasi atau program. Pengecekan ini juga dilakukan untuk mengetahui apakah program yang bakal disuntikkan berpotensi merusak atau tidak.

BlueBox temukan fakta jika ada cara untuk mengakali mekanisme pencekan tersebut. Dengan demikian, sebuah program jahat bisa disusupkan dengan mengelabui proses kiprografi yang ada. Imbasnya, semua fungsi ponsel bisa diambil alih serta dikendalikan.

Google sendiri telah mendapat laporan dari BlueBox sejak bulan Februari lalu. Menurut Forristal, Google telah mengatasi potensi celah keamanan tersebut. Sedangkan BlueBox akan memublikasikan temuannya di perhelatan Black Hat, sebuah konferensi peretas internasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda