Scroll to Top

8 Alasan Kesuksesan Man of Steel

By Rin / Published on Sunday, 07 Jul 2013

man of steel

Sejak rilis 14 Juni, Man of Steel langsung menembus angka penjualan $ 125,1 juta hanya dalam beberapa hari penjualan pembukaan pada bulan Juni. Warner Bros sendiri hanya memprediksi pembukaan $75-80 juta.

Film ini sempat mangkal di puncak box office. Kini, angka penjualan Man of Steel telah mencapai $ 20,8 M.

Henry “Superman” Cavill telah membuat semua buzz negatif mengenai Manf of Steel terbukti tidak benar. Kenapa bisa?

Inilah yang telah dilakukan oleh Man of Steel dengan benar, yang dilansir dari movieone:

1. Superman adalah Bintang

Superman adalah adalah bintangnya. Christopher Reeve tidak dikenal sebelum ia membintangi film berseri Superman pada tahun 70an-80an. Begitupulan Tom Welling, Dean Cain dan George Reeves yang baru dikenal setelah memerankan Superman.

Bahkan Brandon Routh yang dianggap kurang bagus dalam Superman Returns telah berhasil menjual tiket senilai $400 juta setelah ia mengenakan jubah merah.

Henry Cavill pun bukan bintang tenar papan atas Hollywood sebelum berperan menjadi Superman. Ia hanya dikenal pernah bermain dalam film Stardust dan film berseri The Tudor. Pada akhirnya, ia sangat pas mengenakan kostum Superman. Sekarang, siapa yang tak kenal Henry Cavill?

2. Tim di Balik Film

Warners melakukan pekerjaan yang bagus dengan memastikan semua orang tahu tim kreatif di balik Man of Steel. Produser Christopher Nolan dan penulis skenario David S. Goyer adalah para master dibalik blocbuster Batman Trilogy. Sementara sutradara Zack Snyder memiliki track record melahirkan sejumlah film box office seperti 300, Watchmen dan Sucker Punch.

3. Trailer

Trailer demi trailer Man of Steel yang benar-benar tajam dan bergerak, memberi pukulan emosional, namun tanpa merusak plot film, menjadikan film ini ditunggu-tunggu hanya dengan melihat trailernya!

4. Biaya Tambahan

Pada akhir produksi, Snyder mengonversi Man of Steel menjadi format 3D dan 3D IMAX. Film ini rilis dengan format 2D, 3D dan 3D IMAX. Manf of Steel menjadi film yang harus ditonton di layar besar bioskop. Terbukti, pada akhir pekan pembukaan, film ini mendapatkan 11 persen penjualannya dari teater IMAX dan 42 persen dari pemutaran 3D.

5. Word of Mouth

Banyak kritikus yang tidak yakin dengan Man of Steel dan dianggap tidak akan lebih sukses dari Superman Returns, bahkan ada kritikus yang merasa Superman adalah pahlawan perenung yang agak menyedihkan. Namun, para penggemar rajin merekomendasikan film ini dari mulut ke mulut (word of mouth). Buktinya, di situs Cinemascore, Man of Steel mendapatkan nilai excellent A dari polling para pengunjung.

6. Timing

Film komedi yang bercerita tentang kiamat, This Is the End yang rilis 12 Juni meraih penjualan pertama sekitar $ 32,8 juta. Hal itu yang barangkali menarik sejumlah penonton muda dari film This Is the End untuk menonton Man of Steel.

Ditambah lagi, film superhero telah memiliki lapak penontonnya sendiri. Apalagi, di Amerika Serikat, bulan Juni adalah musim panas awal yang biasanya dibanjiri penonton di bioskop.

7. Harapan yang Sederhana

Prediksi penjualan Man of Steel yang hanya $ 75-80 juta oleh Warner Bros terlihat seperti bola yang dibuang secara sengaja. Cara ini akhirnya membuat semua orang terkejut ketika penjualan film ini jauh mengungguli prediksi suram Warner Bross. Orang-orang bertanya-tanya seperti apa film Man of Steel, yang membuat mereka pergi ke bioskop untuk menontonnya.

8. Penyebaran Pemasaran

Man of Steel menggandeng 100 mitra promosi, termasuk di antaranya retailer, yang menyumbangkan promosi gratis. Warner Bros mendapatkan promosi gratis senilai $ 160 juta. Bahkan para superfans ikut mempromosikan film tersebut di internet.

Iklan-iklan Man of Steel dengan gambar Superman dipasang di sejumlah pusat perbelanjaan dan di jalan-jalan. Superman sendiri adalah salah satu Super Salesman terhebat di dunia karena karakter ini terbukti mampu mendongkrak nilai jual film ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda