Scroll to Top

PSSI Lebih Beruntung Ketimbang Kamerun, Ini Ceritanya!

By Agus Prasetyo / Published on Sunday, 07 Jul 2013

Timnas Indonesia Kamerun Andik Vermansyah

“PSSI”-nya Kamerun sepertinya tidak seberuntung Indonesia. Pasalnya mereka harus mendapat skors sementara dari semua kompetisi internasional oleh FIFA, karena ada campur tangan pemerintah dalam federasi sepak bola mereka (FECAFOOT).

Hukuman skorsing tersebut menyusul terpilihnya kembali Muhammad Iya sebagai Ketua FECAFOOT bulan lalu.

Para pemimpin lama FECAFOOT, kini sedang diselidiki atas tuduhan salah urus saat memimpin sebuah perusahaan kapas milik negara.

Skors FIFA tersebut kemungkinan besar mencekal Kamerun bermain dalam kualifikasi Piala Dunia lawan Libya 6 September 2013 mendatang.

“Komite Darurat FIFA telah memutuskan untuk menskors sementara FECAFOOT karena ada campur tangan pemerintah” demikian pernyataan resmi FIFA, 4 Juli 2013.

“Statuta asosiasi anggota FIFA mewajibkan mereka untuk mengelola urusannya secara independen dan tanpa pengaruh dari pihak ketiga” FIFA menambahkan.

Selama periode skors, FECAFOOT mungkin tidak bisa berpartisipasi dalam kompetisi benua, regional atau internasional. Termasuk tingkat klub atau dalam pertandingan persahabatan.

FIFA juga mengatakan akan membentuk panel darurat untuk menjalankan operasional FECAFOOT dan menyelenggarakan pemilihan ketua baru pada 31 Maret 2014.

Skors akan dicabut setelah otoritas negara memungkinkan komite normalisasi baru untuk memasuki markas FECAFOOT dan melaksanakan kegiatannya tanpa hambatan.

Sementara itu Kamerun diberi tahu soal skors FIFA hanya beberapa menit setelah mereka dianugerahi tiga poin untuk kualifikasi Piala Dunia zona Afrika.

Kamerun mendapat tiga poin setelah Togo dinyatakan bersalah karena memainkan pemain yang seharusnya dilarang tampil saat kedua negara bertanding.

Tagged as:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda