Scroll to Top

Trypophobia, Fobia Terhadap Lubang

By Fitra Firdaus / Published on Monday, 08 Jul 2013

Trypophobia, Fobia Terhadap Kumpulan Lubang

Trypophobia, atau sering salah ditulis menjadi tyrophobia adalah rasa takut seseorang terhadap objek tertentu yang berupa deretan lubang yang seakan membentuk pola tertentu. Anda yang  mengalami trypophobia dan melihat objek tersebut akan merasa jijik dan susah melepaskan bayangan objek tadi dari ingatan.

Jika Anda mudah merasa aneh dan tak nyaman ketika melihat foto-foto yang terkesan jorok atau mengerikan, jangan mudah terjebak ketika berada di sebuah forum internet. Biasanya, ada yang iseng memancing Anda untuk melakukan tes. Ujung-ujungnya, Anda akan dihadapkan dengan gambar tangan atau tubuh manusia yang dipenuhi oleh lubang, sarang lebah, biji teratai, dan sederetan gambar lain.

Dalam taraf tertentu, selain akan terhantui gambar-gambar tersebut sepanjang hari, Anda bisa muntah saking jijiknya.
Istilah Trypophobia sendiri sudah dicetuskan sejak tahun 2005. Fobia ini memang tidak diakui gejala kelainan mental oleh American Psychiatric Association. Namun, kenyataannya ada banyak orang yang mengalami fobia ini setelah melihat gambar-gambar di atas.

Beberapa benda yang membuat para trypophobics tidak nyaman adalah, berbagai jaringan kulit dan daging manusia/hewan termasuk bopeng, komedo, dan sebagainya, makanan yang detailnya berlubang-lubang seperti keju, atau potret jamur dengan detail menjijikkan, cacing dan belatung yang bergerak masuk ke dalam lubang tanah atau makanan, bintik-bintik teratur pada semua objek, dan sebagainya.

Anda yang seorang trypophobics, jika terlanjur melihat gambar yang demikian, lakukan segera aktivitas yang membuat bayangan itu hilang dalam benak. Sementara Anda yang normal, alangkah baiknya untuk tidak memaksa seorang teman untuk mengikuti tes trypophobia di internet atau memasang foto-foto menjijikkan tersebut, kecuali untuk pribadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda