Share

Awal Ramadhan 2013 Kapan mulai puasa 1 Ramadhan 1434 H

Awal Ramadhan 2013 kemungkinan tidak berjalan serentak. Warga Muhammadiyah akan menjalani puasa 1 Ramadhan 1434 Hijriyah sejak Selasa, 9 Juli 2013. Sementara itu, pemerintah baru menetapkan awal bulan puasa pada Senin, 8 Juli 2013. NU memprediksi, 10 Juli 2013 menjadi hari pertama puasa Ramadhan tahun ini.

Perbedaan ini tidak terlepas dari penggunaan metode yang digunakan untuk memastikan hilal. Warga yang memulai puasa esok hari, meyakini bahwa terbentuknya hilal (bulan sabit tipis pertama yang menandakan awal bulan) didasarkan pada perhitungan, bukan  pada terlihat atau tidaknya hilal. Metode ini disebut hisab (perhitungan).

Sementara itu, mereka yang menjalani puasa (kemungkinan) sejak Rabu, 10 Juli 2013 mendasarkan konsepnya pada penglihatan terhadap hilal. Sebagai contoh, meskipun saat matahari terbenam pada hari penentuan jatuhnya bulan baru, hilal sudah terbentuk, belum tentu bisa terlihat dan disebut bulan yang belum cukup umur. Dengan demikian, hari pertama bulan baru akan jatuh pada hari berikutnya lagi.

Pemerintah sendiri melalui Kementerian Agama, akan mengumuman sidang isbat (sidang penetapan) kapan jatuhnya 1 Ramadhan 1434 Hijriyah pada Senin, 8 Juli 2013 ini. Sidang akan digelar sejak pukul 16.30 WIB dan melibatkan berbagai organisasi Islam di Indonesia.

Apa pun keputusan umat, hendak mengikuti pemerintah atau organisasi yang diikutinya, perbedaan ini bukanlah sebuah masalah yang harus dibesar-besarkan. Namun, memang alangkah baiknya jika terjadi satu pendapat dari para pemimpin untuk memastikan kapan jatuhnya 1 Ramadhan.