Scroll to Top

SolePower, Isi Ulang Baterai Smartphone dengan Berjalan atau Berlari

By Ditya / Published on Monday, 08 Jul 2013
SolePower
SolePower

Sebuah solusi isi ulang baterai smartphone dengan cara berjalan atau berlari telah diperkenalkan melalui sebuah proyek di Kickstarter yang mengusung nama SolePower. Biasanya jika kita kehabisan baterai, maka power bank adalah solusi yang paling realistis. Dengan SolePower, Anda dapat berjalan atau berlari sambil mengisi baterai gadget Anda.

Saat ini perangkat pengisi daya SolePower ini masih dalam tahap alpha prototipe atau masih dalam pengembangan awal. Perangkat SolePower ini memungkinkan pengguna untuk mengisi ulang baterai gadget seperti smartphone, tablet, pemutar musik, atau GPS selagi pengguna berjalan atau berlari. Proyek SolePower ini hadir di situs crowdfunding Kickstarter dengan target donasi US $50.000.

“Kami awalnya SolePower dirancang untuk hanya menyalakan LED pada sepatu sehingga siswa berjalan ke dan dari kampus pada malam hari akan lebih terlihat. Setelah kami mengembangkan prototipe bukti konsep untuk kelas kita menyadari bahwa ada lebih banyak aplikasi untuk perangkat ini,” kata Matthew Staton dan Hahna Alexander, dua mahasiswa penggagas SolePower dari teknik mesin Universitas Carnegie Mellon.

SolePower ini bekerja dengan mengubah setiap langkah yang dilakukan oleh manusia menjadi energi listrik yang dapat digunakan untuk pelbagai keperluan. Cara kerja SolePower ini adalah ketika pengguna mengayunkan kaki dan tercipta energi dari mereka, insole kemudian menangkap energi dan menyimpannya di baterai eksternal.

“Target pasar awal kami akan pejalan kaki, backpackers, dan penggemar outdoor lainnya yang membutuhkan daya mobile,” tambah Matthew Staton.

Seperti yang dilansir dari CNET (07/06/2013), Matthew Staton menambahkan bahwa SolePower ini nantinya akan dijual ke pasaran dengan harga antara US $150 hingga $175 dan diperkirakan akan muncul di pasaran pada semester kedua tahun 2014.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda