Scroll to Top

Hasil Sidang Isbat: 1 Ramadhan 1434 H Jatuh Pada 10 Juli 2013

By Ilham Choirul / Published on Monday, 08 Jul 2013

rukyat

Pemerintah menetapkan awal puasa 1 Ramadhan 1434 H di Indonesia jatuh pada hari Rabu (10/7). Penetapan ini dilakukan melalui sidang isbat yang dilakukan malam ini (8 Juli) dengan dihadiri perwakilan dari ormas Islam, MUI, dan ahli astronomi.

Namun, keputusan ini bentrok dengan jadwal puasa yang ditetapkan Muhammadiyah. Salah satu ormas besar di Indonesia ini telah mengumumkan 1 Ramadhan jatuh pada hari Selasa (8/7). Artinya, Muhammadiyah menetapkan esok hari merupakan hari pertama puasa. Dengan demikian, sebagian warga muslim Indonesia akan ada yang tidak sama dalam memulai hari pertama puasa.

“Jadi perbedaan itu sebetulnya tidak bisa dihindari, tetapi manakala pemerintah sudah memutuskan dan menetapkan, hendaknya semua pihak patuh pada hasil keputusan itu,” kata Suryadharma Ali, Menteri Agama Republik Indonesia, seperti dikutip Eramuslim.

Senada dengan keputusan Menteri Agama, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) juga menentukan awal  Ramadhan tahun ini bertepatan dengan hari Rabu (10/7). Dari 33 titik pengamatan hilal yang dipersiapkan oleh Lapan, semuanya tidak mendapati adanya penampakan bulan sabit. Posisi hilal kurang dari 1 derajat saat ini. Sementara menurut ketentuan yang berlaku dalam pengamatan ini, posisi hilal harus berada di atas 2 derajat agar bisa dilihat.

Kapan pun hari dimulainya puasa Ramadhan, jangan sampai perbedaan penetapan 1 Ramadhan berujung pada kebingungan. Pilih menurut keyakinan Anda dari pendapat yang ada, yang paling meyakinkan ditinjau dari hukum Islam. Selamat berpuasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda