Scroll to Top

Tips Berbelanja Baju Lebaran

By Ilham Choirul / Published on Monday, 08 Jul 2013

baju lebaran

Akhir bulan Ramadhan atau menjelang Idul Fitri bisa dibilang menjadi masa berbelanja pakaian bagi kebanyakan masyarakat Indonesia. Berbelanja baju lebaran seperti sudah menjadi tradisi yang mendarah daging. Momen lebaran tetap istimewa bagi umat Islam yang jumlahnya mayoritas di negeri ini. Tidak jarang, orang berbelanja baju lebaran bukan hanya untuk dirinya sendiri. Mereka membeli sandang juga diperuntukkan bagi sanak keluarga di kampung di waktu mudik.

Namun berbelanja baju lebaran sebaiknya tidak asal-asalan. Berbagai faktor mesti diperhatikan baik dari sisi finansial, mode, dan sebagainya. Agar Anda bisa berbelanja dengan tenang, coba simak tips berbelanja berikut ini:

  1. Jangan mudah tergiur dengan produk pakaian yang dilabel dengan kata “diskon”, “cashback”, atau yang semakna dengan itu. Pakaian yang banting harga perlu dilihat dulu kualitasnya. Bisa jadi, toko menjual murah karena stok lama, ada cacat, atau modelnya termasuk ketinggalan zaman.
  2. Tidak perlu harus mengikuti mode. Mode baju terbaru tidak pasti cocok diterapkan pada setiap orang. Pilih baju yang sesuai karakter dan postur Anda. Untuk momen lebaran, pilih mode yang lebih sopan tapi tetap membuat Anda tampil menarik.
  3. Pikirkan lagi sebelum membeli. Ada kalanya seseorang membeli banyak baju lebaran hanya karena menuruti keinginan. Walhasil uang Anda tersedot buat belanja besar dan terjadi penyesalan karena sebagian pakaian ternyata tidak terlalu dibutuhkan. Pengeluaran jelang lebaran biasanya memang besar. Atur finansial Anda untuk belanja pakaian.
  4. Pilih pakaian yang masih bisa dipakai di luar momen lebaran. Ini untuk mencegah menumpuknya baju di lemari yang jarang dikenakan.
  5. Sesuaikan menurut ukuran badan. Hal ini terkait dengan kenyamanan. Mengenakan pakaian yang longgar akan membuat tubuh lebih nyaman dalam bergerak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda