Scroll to Top

Inilah Denny Landzaat, Eks Timnas Belanda yang Tertarik ke Sriwijaya FC

By Aditya / Published on Tuesday, 09 Jul 2013

Denny Landzaat Belanda

Sriwijaya FC dikabarkan diminati oleh Denny Landzaat yang pernah memperkuat tim nasional Belanda. Bahkan, konon bukan Laskar Wong Kito yang mengincar Denny Landzaat, namun justru pemain gaek ini sendiri yang ingin menjadi bagian dari skuat Sriwijaya FC di Indonesia Super League (ISL) musim depan. Lantas, siapakah Denny Landzaat itu?

Nama lengkapnya adalah Denny Domingoes Landzaat, lahir di Amsterdam, Belanda, pada tanggal 6 Mei 1976. Dengan demikian, saat ini Denny Landzaat telah berusia 37 tahun. Posisi pemain didikan Ajax Amstedam ini adalah sebagai gelandang bertahan dengan tinggi badan 178 cm.

Denny Landzaat mengawali karir profesionalnya Ajax Amstedam, pada kurun 1995-1996. Namun, pemain yang ternyata memiliki darah Maluku ini hanya satu kali saja bermain dengan tim langganan juara Liga Belanda itu. Selanjutnya, Denny Landzaat hijrah ke klub Divisi I Belanda, MVV, hingga tahun 1999 dan mengoleksi caps sebanyak 102 kali dengan torehan 10 gol.

Hengkang dari MVV, Denny Landzaat pindah ke sesama tim Divisi I Belanda, Willem II. Di sana, ia mencatatkan penampilan sebanyak 139 caps dan 38 gol. Tahun 2003 hingga 2006, Denny Landzaat bergabung dengan tim peserta liga tertinggi di Belanda (Eredivisie), yakni Alkmaar Zaanstreek alias AZ, dan tampil sebanyak 79 kali dengan raihan 22 gol, jumlah yang cukup banyak untuk seorang gelandang bertahan.

Penampilan menawan Denny Landzaat bersama AZ tampaknya telah memikat tim peserta English Premiere League (EPL), Wigan Athletic, yang kemudian memboyongnya pada tahun 2006 hingga 2008. Bersama Wigan, Denny Landzaat mengemas 53 penampilan dengan 5 gol.

Tahun 2008, Feyenoord memulangkan Denny Landzaat ke Belanda. Tim papan atas di negeri kincir angin itu memakai jasa Denny Landzaat hingga tahun 2010 di mana sang pemain menorehkan 38 penampilan dengan 5 gol. Berikutnya, Denny Landzaat berlabuh ke FC Twente di mana ia mengemas 50 caps dan 2 gol hingga tahun 2013 ini.

Di tim nasional Belanda, Denny Landzaat memperkuat tim oranye sejak tahun 2001 hingga 2008. Koleksi caps yang dikantonginya pun lumayan, yakni 38 penampilan namun hanya mencetak satu gol. Capaian ini sebenarnya cukup bagus mengingat Denny Landzaat harus bersaing dengan para gelandang top Belanda saat itu seperti Philip Cocu, Ronald de Boer, Mark van Bommel, Edgar Davids, Clarence Seedorf.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda