Scroll to Top

Bandara Kuala Namu Mulai Beroperasi 25 Juli 2013

By Fitra Firdaus / Published on Tuesday, 09 Jul 2013

Bandara Kuala Namu Mulai Beroperasi 25 Juli 2013

Bandara Kuala Namu, yang terletak di Medan, Sumatera Utara, akan menjalani soft operation (simulasi pengoperasian) pada Kamis, 25 Juli 2013. Bandara ini akan menjadi bandara internasional terbesar kedua setelah Bandara Soekarno Hatta.

Saat ini, pembangunan Bandara Kuala Namu sendiri sudah selesai sepenuhnya. Artinya, secara fisik bandara tersebut sudah siap. Namun, ada beberapa bagian yang masih dalam proses finishing, seperti toko dan kafe di lingkungan bandara.

Dituturkan oleh Tri S. Sunoko, Direktur Utama PT Angkasa Pura II kepada Liputan 6, “Kalau bandara yang baru dipindahkan pasti perlu ada yang diintegrasikan perlu disatukan. Mudah-mudahan dalam waktu sebulan sudah berjalan dengan baik. Jadi pengoperasian di September nanti sudah berjalan lancar.”

Pada 25 Juli mendatang, hari yang sama dengan simulasi Bandara Kuala Namu, operasional Bandara Polonia yang sudah berusia lebih dari 70 tahun, akan dihentikan.

Bandara Kualanamu, seperti dilansir oleh Tempo, diprediksi dapat menampung 8,1 juta penumpang setiap tahun pada pembangunan tahap pertama. Kemudian, jumlah itu akan melesat 100% hingga ketika pengembangan maksimal bandara selesai, ia akan dapat menampung 22,18 juta penumpang per tahunnya.

Anda yang ingin menikmati fasilitas bandara ini tidak perlu khawatir karena Bandara Kuala Namu dilengkapi sarana transportasi, termasuk kereta api. Tarifnya, Rp 50.000 per orang dengan rute dari Stasiun Besar Medan sampai ke bandara.

Berkaitan dengan transportasi taksi, ada 12 perusahaan yang siap memuaskan penumpang. Disebutkan Liputan 6, 12 perusahaan tersebut adalah: Bengawan, Cantik, Delta, Eka, Inda, Karsa, Limo Express, Martabe, Matra, Sibolga Nauli, Taxi Kita, dan Yuki.

Foto: TEMPO/Dhemas Reviyanto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda