Scroll to Top

Ciuman Bisa Menularkan Penyakit Herpes

By Ilham Choirul / Published on Tuesday, 09 Jul 2013

cium

Berciuman dengan lawan jenis mungkin membuat perasaan Anda tidak karuan. Apalagi jika hal tersebut menjadi bagian dalam keintiman, ciuman menjadi suatu bagian yang penting. Namun, Anda sebaiknya berciuman hanya dengan pasangan sah. Pasalnya, perilaku ciuman berisiko dengan sembarang lawan jenis, berisiko tertular Herpes Simplex Virus (HSV) atau virus pembawa penyakit Herpes.

Sekali terkena virus Herpes, maka Anda mesti menanggung risikonya sampai jangka waktu yang cukup lama. Saat seseorang terinfeksi HSV-1 atau HSV-2, virus akan tetap berada di tubuh orang tersebut. Jika kekebalan tubuh menguat, virus akan tertidur (dormant). Namun begitu kondisi tubuh menurun, virus Herpes bisa aktif kembali.

Ciuman diketahui menjadi metode penularan utama virus Herpes. Oleh karena itu, jika seseorang mempunyai riwayat penyakit ini ada baiknya menghindari untuk berciuman dengan orang lain, seperti keluarga atau pasangannya.

“Jika Anda memiliki luka herpes pada atau dekat mulut Anda, ada kemungkinan Anda akan menularkan virus tersebut kepada siapapun yang Anda cium. Hal ini juga memungkinkan untuk menularkan virus bahkan ketika tidak ada luka atau gejala yang terlihat jelas. Tetapi, risiko menjadi lebih tinggi bila terdapat luka yang terlihat, “kata Tricia Berger, direktur eksekutif Australian Herpes Management Forum, seperti dikutip Times of India.

Oleh karena itu, berhati-hatilah mencium orang yang kemungkinan berisiko telah memiliki Herpes. Biasanya penyakit ini menjangkiri orang yang sering melakukan seks berisiko, seperti dengan pekerja seks komersial atau selingkuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda