Scroll to Top

Mesin Pencari FB Tinggal Selangkah Lagi, Search Graph Sudah Dirilis di AS

By Ibnu Azis / Published on Tuesday, 09 Jul 2013

Search Graph

FB akhirnya merilis Graph Search. Sebuah mesin penelusuran yang digadag-gadang siap tantang search engine serupa. Namun, Facebook baru merilis mesin pencarinya di Amerika Serikat saja. Sehingga, pengguna FB di belahan bumi lain berlum bisa mencicipinya.

Sedikit informasi, Graph Search sendiri telah diperkenalkan secara resmi enam bulan yang lalu. Facebook kala itu membuat layanan waiting list bagi siapa saja yang ingin jadi yang pertama mencobanya.

Graph Search bukan sekadar mesin pencari. Search engine FB ini sungguh unik sebab sangat personal. Bahkan mungkin, Google tak bisa mencari apa yang dicari Graph Search.

Misalkan saja Anda bertanya, “Teman saya yang suka kucing?”, maka, Graph Search akan menelusuri pelbagai teman Anda di FB yang gemar akan kucing. Misalkan saja pertanyaan lain, “Teman saya yang telah menonton film Olympus Has Fallen”, maka Graph Search akan telusurinya dengan akurat.

Graph Search sendiri dirancang untuk mencari segala informasi terait dengan koneksi pengguna di Facebook. Ini berarti, Graph Search akan menelusuri apa saja terkait konten di Facebook. Itu bisa berupa gambar, foto, video, tautan, maupun informasi pribadi.

Namun Facebook berjanji tak akan langgar privasi pengguna. Mereka yang men-setting privasi agak longgar, kemungkinan besar akan muncul di Graph Search. Satu hal lain tentang mesin penelusuran anyar FB ini adalah terkait iklan.

Graph Search diyakini bakal jadi amunisi baru andala FB soal iklan. Iklan ini nantinya akan ditampilkan sesuai kata kunci yang diinputkan. Ini mirip dengan konsep iklan yang terjadi di Google.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda