Scroll to Top

Tips Touring di Bulan Puasa

By Ilham Choirul / Published on Tuesday, 09 Jul 2013

touring

Hadirnya bulan Ramadhan biasanya agenda touring berhenti sejenak. Kondisi tubuh saat berpuasa mungkin sedikit beda dibanding saat hari biasa. Touring di bulan Ramadhan biasanya berlangsung jelang hadirnya Idul Fitri. Kala itu banyak orang yang mudik jarak jauh dengan memakai motor.

Dikutip Dapur Pacu, jika Anda memutuskan touring sembari puasa, perhatikan tips berikut ini:

  1. Konsumsi makanan yang memiliki kandungan kalori dan serat yang diperkirakan cukup untuk menyuplai tenaga tubuh selama touring.
  2. Segera konsumsi air dan makanan manis saat datang waktu berbuka.Makan kurma bisa dijadikan pilihan untuk mengisi tenaga Anda. Glukosa dalam kurma mudah dimetabolisme tubuh. Hindari makan berat di awal berbuka. Makan berat sebaiknya dilakukan setelah jeda 30 menit dari makanan takjil atau pembuka.
  3. Hindari makan terlalu banyak usai melakukan touring. Kebanyakan makan tidak baik bagi kesehatan, apalagi kondisi fisik setelah touring biasanya sangat lelah.
  4. Saat makan sahur, hindari makan terlalu banyak yang bisa membuat tubuh malas untuk diajak bergerak. Tubuh justru akan kelelahan melakukan metabolisme makanan yang jumlahnya diatas batas normal. Untuk minum, konsumsi minimal sebanyak dua gelas air atau setara hampir setengah liter.
  5. Agar fisik bugar, lakukan olahraga yang bisa dilakukan usai berbuka puasa. Berolahraga akan memaksimalkan metabolisme tubuh dengan menguraikan lemak berlebihan. Tubuh lebih bugar dan otot juga ikut kuat.
  6. Jangan lupakan istirahat yang cukup. Usahakan Anda sudah terlelap maksimal dari pukul 23 hingga waktu sahur pukul 3 pagi. Pada waktu tersebut Anda perlu tidur agar terjadi proses detoksifikasi alami dalam tubuh dan terjadinya pembentukan energi dari glukosa. Cukup tidur membantu Anda bugar saat touring.
  7. Jika diperlukan bisa minum suplemen maupun vitamin untuk menjaga kesehatan selama berpuasa dan berkendara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda