Scroll to Top

Rahasia Dibalik Dominasi Koki Laki-Laki

By Ilham Choirul / Published on Friday, 16 Sep 2011

Meski ada anggapan dunia memasak adalah wilayahnya wanita, ternyata banyak chef atau koki di berbagai restoran maupun hotel justru lebih sering didominasi pria. Entah apa alasannya, pria justru banyak ditemui dengan profesi ini untuk urusan memasak di dapur resto dan hotel.

Fenomena ini ditanggapi oleh I Made Sutisna, seorang koki pastry dari Ayana Resort & Spa Bali. Menurutnya, pria memiliki keunggulan tersendiri dibanding wanita. Pria memiliki keuletan dan ketelitian sendiri ketika dia mencoba bereksperimen dengan makanan. Khusus urusan mengolah pastry, menurutnya, jiwa seni pria lebih baik dari wanita.

Berbeda dengan Hendry Hutabara. Chef dari Grand Swiss Hotel Medan ini menilai, keunggulan pria sebagai koki terletak dari kemampuan fisiknya. Seorang koki dituntut mampu berdiri berjam-jam sembari meracik semua bahan makanan untuk dijadikan menu yang lezat. Koki pria lebih sabar untuk urusan memasak.

“Emosi laki-laki lebih stabil ketimbang perempuan yang cepat putus asa atau marah ketika kue itu gagal dan suhu di dapur yang panas,” tutur Hendry, seperti dikutip YahooNews.

Namun, ini bukan artinya koki wanita kalah dari koki pria. Wanita juga mampu bersaing dengan pria untuk menjadi koki andalan. Tentu saja, itu ditunjukkan dengan kemampuan dan sikap profesional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda