Scroll to Top

Jenis Makanan Penghalau Keburukan Sinar Matahari

By Ilham Choirul / Published on Tuesday, 09 Jul 2013

makan tomat

Ada dua  cara umum untuk melindungi tubuh dari sengatan sinar matahari, yaitu berteduh dan memakai kosmetik tabir surya. Tahukah Anda? Ada lagi cara yang paling asik mencegah keburukan sinar matahari agar tidak merusak tubuh, yaitu mengonsumsi makanan tertentu. Dikutip dari Genius Beauty, berikut ini beberapa makanan yang memiliki manfaat menghalau sengatan matahari:

  1. Tomat. Tomat memiliki zat warna merah yang mengandung antioksidan lycopene. Zat ini melindungi tubuh dari radikal bebas. Makan lima sendok bubur tomat sehari bisa melindungi dari sengatan matahari sebesar 33 persen.
  2. Sayur dan buah-buahan berwarna kuning atau oranye. Misalnya adalah wortel, mangga, aprikot, dan melon. Buah dan sayuran tersebut kaya dengan vitamin C dan E yang melindungi tubuh dari radiasi sinar matahari dan radikal bebas.
  3. Makanan yang mengandung lemak tak jenuh tunggal. Lemak ini bisa melindungi tubuh dari sengatan matahari dengan melakukan pemblokiran dari bawah kulit. Ini jenis lemak baik. Contoh makanan dengan lemak ini yang bisa dikonsumsi  antara lain minyak zaitun, alpukat, kacang, dan biji-bijian.
  4. Coklat hitam. Makanan segala lapisan usia ini mampu meningkatkan ketahanan tubuh dua kali lipat terhadap sengatan matahari. Makanlah 20 gram coklat hitam setiap hari selama 12 minggu untuk mendapatkan manfaat ini. Pastikan coklat yang dimakan lebih banyak kandungan kakao-nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda