Scroll to Top

Persija Kini Sering Minder Jika Menghadapi Tim Besar

By Aditya / Published on Tuesday, 09 Jul 2013

Persija 2013 ISL

Persija Jakarta yang selama ini dikenal sebagai salah satu tim paling mapan di Indonesia tampaknya sedang mengalami krisis kepercayaan diri. Di Indonesia Super League (ISL) musim ini, anak-anak Persija sering minder jika berhadapan dengan tim besar. Persoalan mental bertanding yang dulu tak pernah menjadi masalah, kini justru menjadi pekerjaan besar bagi pelatih Persija, Benny Dollo, untuk mengatasinya.

Ya, tidak bisa dipungkiri bahwa saat ini tim Macan Kemayoran memang tak segarang dulu.Musim lalu, Persija masih punya sejumlah pemain bermental baja dan berjiwa pemimpin, salah satunya adalah Bambang Pamungkas. Namun, di musim ini, tim ibukota lebih mengandalkan banyak pemain muda yang secara mental dan pengalaman masih belum terasah.

Akibatnya, Persija babak-belur di putaran pertama ISL 2013, bahkan sempat terperosok sebagai juru kunci klasemen sementara. Meskipun di putaran kedua penampilan Ismed Sofyan dan kawan-kawan sudah relatif membaik secara teknis, namun persoalan mental tampaknya masih menjadi momok yang harus segera disingkirkan.

Saat bertemu Arema Indonesia pada tanggal 30 Juni 2013 kemarin, misalnya, tim Macan Kemayoran tampak tidak percaya diri dalam menghadapi pertarungan dengan tim Singo Edan. Tak pelak, Persija pun kalah dengan skor 3-1.

“Ketika itu, para pemain terlalu banyak memberikan ruang kepada pemain-pemain lawan (Arema) sehingga kami kesulitan untuk keluar dari tekanan. Karena itu, kami berharap bisa cepat berbenah guna menghadapi pertandingan selanjutnya,” harap Benny Dollo.

Persoalan mental inilah yang harus segera dibenahi oleh Benny Dollo. Pasalnya, Persija masih akan bertemu dengan sejumlah tim bernama besar, termasuk Sriwijaya FC dan Persib Bandung, di sisa laga ISL 2013.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda