Scroll to Top

Pesawat Asiana Jatuh di San Fransisco: 2 Pramugari Terlempar ke Landasan, Selamat

By Fitra Firdaus / Published on Wednesday, 10 Jul 2013

Pesawat Asiana 2

Pesawat Asiana Airlines mengalami kecelakaan di San Fransisco, Amerika Serikat pada Sabtu, 6 Juli 2013 lalu. Tragedi ini menyebabkan 2 remaja asal China meninggal dan 182 orang lainnya luka-luka. Dua pramugari terlempar dari pesawat. Mereka selamat, tapi mengalami cedera parah.

Kecelakaan ini merupakan kecelakaan pertama yang terjadi pada pesawat jenis Boeing 777 sejak meluncur pertama kali pada 1995. Dalam video amatir yang merekam kejadian mengerikan ini, ekor pesawat Asiana Airlines ini mendarat terlebih dahulu. Diikuti badan yang menghantam landasan, dan sayap yang patah. Akhirnya, pesawat tersebut terbakar hebat.

Pesawat Asiana

Pesawat Asiana 2

Dua remaja China menjadi korban meninggal akibat kecelakaan ini. Keduanya, Ye Mengyuan dan Wang Linjia (sama-sama 16 tahun) bersahabat sejak SMP dan berencana menikmati liburan musim panas di San Fransisco sekaligus memperdalam kemampuan bahasa Inggris dan pengetahuan mereka tentang budaya Barat.

Kisah tragis lain yang terselip, adalah terlemparnya dua pramugari pesawat ke landasan. Dilansir oleh Okezone.com, Deborah Hersman, Direktur National Transportation Safety Board, “keduanya ditemukan di landasan pacu dan di sisi landasan. Mereka selamat, tetapi luka serius dan cedera parah.”

Di sisi lain, terungkap kisah heroik Lee Yoon Hye, salah satu pramugari Asiana Airlines yang gagah berani menolong para penumpang keluar pesawat. Ia menjadi awak kabin terakhir yang pergi dari pesawat ketika terbakar hebat.

Hingga saat ini belum ada kepastian tentang penyebab utama kecelakaan yang melukai 182 orang tersebut. Namun, dari investigasi awal disebutkan, kecepatan pesawat tersebut terlalu rendah ketika hendak mendarat. Ditambah, kurangnya pengalaman sang pilot.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda