Scroll to Top

Kudeta Mesir: Turki Minta PBB dan Uni Eropa Bertindak

By Fitra Firdaus / Published on Wednesday, 10 Jul 2013

Kudeta Mesir

Kudeta Mesir yang dilakukan militer dan oposisi menggulingkan kepemimpinan Presiden Muhammad Mursi. Namun, PBB dan Uni Eropa bersikap terlalu lunak atas hal ini. Demikian klaim Turki yang kini tengah berupaya menggalang dukungan internasional untuk menentang kekuasan militer Mesir.

Rabu, 3 Juli 2013 lalu, Muhammad Moursi, presiden pertama Mesir yang terpilih secara demokratis, jatuh dari kekuasaannya. Militer memanfaatkan momentum protes jutaan rakyat yang menyebut Moursi gagal memerintah sejak terpilih setahun lalu. Saat ini Adli Manshour, Kepala Mahkamah Konstitusi Mesir, menjadi pemimpin sementara. Ia, dilansir Republika (9/7) telah menetapkan jadwal pemilihan parlemen pada 2014 mendatang. Juga menyusun tanggal pemilihan presiden.

Reaksi dunia internasional terhadap kudeta militer ini sendiri, cukup lunak. Ban Ki Moon, Sekretaris Jenderal PBB pada Kamis (4/7) lalu menyebutkan, bahwa pihaknya tidak mengutuk peristiwa tersebut.

“Kami tidak mengutuk apa yang terjadi di Mesir. Ribuan warga Mesir melakukan aksi tersebut untuk menyuarakan rasa frustasi mereka dan sebagai bantuk perhatian terhadap legitimasi pemerintahan negaranya,” ujarnya.

Sementara itu, Uni Eropa tidak menyebut tindakan militer tersebut sebagai kudeta. Hal yang membuat Turki, melalui Menteri Urusan Uni Eropa, Egemen Bagis, mengecam sikap Uni Eropa tersebut. Ia juga menyebut, ucapan Ban Ki-Moon semestinya, “Wacananya mesti lebih jelas, lebih konsisten, lebih meyakinkan dan lebih berhati-hati.”

Tidak hanya mengkritik PBB dan Uni Eropa, Turki melalui Kementerian Luar Negeri mereka, seperti dilansir Republika “mengutuk pembunuhan lebih dari 50 orang Mesir selama shalat subuh pada Senin pagi di Ibu Kota Mesir, Kairo. Serangan itu  bukan hanya melanggar kebebasan menyampaikan pendapat dan kebebasan berdemonstrasi secara damai. Tetapi juga, menjadi provokasi yang mengakibatkan kekerasan.”

Foto: Telegraph

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda