Scroll to Top

Google Perbaiki Celah Keamanan Terbaru Android

By Ibnu Azis / Published on Wednesday, 10 Jul 2013

android

Beberapa hari yang lalu, menurut temuan BlueBox, jika ada celah keamanan yang ditemukan di 900 juta perangkat Android yang beredar. Menurut laporan ZDnet yang dilansir Mashable, Google telah menambal bug yang ditemukan itu.

Namun perbaikan ini tidak langsung mengarah ke pengguna. Google telah merilis perbaikan untuk mitra OEM (Original Equipment Manufacturer) mereka. Ini berarti pengguna harus menunggu hingga produsen smartphone merilis pacth resmi.

Manajer Komunikasi Google Play, Gina Scigilano berujar jika pengguna tak perlu panik. Sebab, ia melihat belum ada tanda-tanda eksploitasi yang dimaksudkan.

Eksploitasi itu, ujarnya, buktinya belum ada. Google belum melihat sebuah ancaman di toko aplikasinya. Google Play sendiri lakukan tahap keamanan dua langkah.

Pertama, aplikasi yang ada harus lalui tahap pemindaian keamanan. Kedua, setelah itu, aplikasi yang didaftarkan harus lalui tahap verifikasi. Baik pemindaian dan verifikasi bertujuan untuk lindungi pengguna.

BlueBox lewat temuannya beberapa hari lalu menguak data jika celah yang ada bisa dimanfaatkan untuk kejahatan siber. Misalnya pencurian data, mengambil alih (remote), dan aksi spamming.

Jeff Forristal dari BlueBox menjelaskan jika pihaknya telah laporkan situasi ini ke Google di awal tahun ini. Mereka berjanji segera atasi masalah yang ditemukan. Sementara itu, BlueBox akan memublikasikan temuannya ini di sebuah konferensi peretas internasional yang bernama Black Hat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda