Scroll to Top

Tips Menggoreng Ikan Agar Tak Hancur

By C Novita / Published on Wednesday, 10 Jul 2013

tips ikan goreng

Ikan adalah sumber protein yang sangat baik bagi semua orang, mulai dari anak-anak, orang dewasa, juga lansia sebab mengandung asam lemak omega-3.  Nutrisi ini terbukti sangat bermanfaat bagi kesehatan otak dan kecerdasan, kesehatan jantung, bahkan kecantikan.

Pengolahan ikan juga bermacam-macam, namun yang paling mudah dan kerap jadi pilihan para ibu adalah digoreng. Rasanya gurih serta renyah, dan nikmat sekali apabila dihidangkan bersama dengan sambal dan lalapan.

Sayangnya proses menggoreng yang salah sering menyebabkan daging ikan menjadi hancur dan penampilannya jadi tak menarik. Nah, untuk mengatasi masalah tersebut, berikut adalah tips dari chef Juna yang dilansir oleh okefood untuk para ibu.

Cara menggoreng ikan yang benar ada dua teknik, yaitu menggoreng dengan memakai minyak banyak hingga seluruh tubuh ikan terendam, dan yang ke-2 adalah menggoreng dengan minyak sedikit.

Bila Anda memilih menggoreng dengan minyak banyak, maka api yang digunakan biasanya berukuran sedang atau besar agar panasnya mematangkan ikan dengan cepat.

Namun bila Anda memilih memakai minyak sedikit, maka gunakan api yang kecil untuk menghindari ikan matang tak merata. Memang makan waktu lebih lama, namun tekstur ikan akan terjaga, dagingnya tetap juicy dan renyah.

Syarat lain adalah tidak terlalu sering membalik ikan saat sedang digoreng. Sekitar 7 menit setelah ikan dimasukkan dalam wajan, angkat sedikit ikan agar kulitnya mendapat udara yang bisa menyebabkan ikan matang sempurna.

Nah, mudah bukan? Selamat mencoba.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda