Scroll to Top

Kebiasaan Tidur Anak Berpengaruh Pada Kerja Otaknya

By Ilham Choirul / Published on Wednesday, 10 Jul 2013

ngantuk

Ingin anak Anda memiliki fungsi otak yang selalu prima? Biasakan mereka untuk cukup tidur malam malam dan teratur sesuai jadwalnya. Menurut studi terbaru dari University College London, ketidakteraturan tidur pada anak bisa berpengaruh pada kerja otak mereka. Demikian dikutip BBC.

Ketika anak kurang teratur tidur, mereka lebih mungkin mengalami gangguan pada ritme tubuh. Otak mereka kurang siap dalam merespons dan mempelajari sesuatu yang baru di sekitar mereka. Artinya, dari sisi konsentrasi tidak bisa fokus terhadap informasi baru. Peneliti menemukan kaitan antara pola tidur yang buruk dengan melemahnya kemampuan mental anak.

Studi ini melibatkan lebih dari 11 ribu anak yang usianya 3-7 tahun. Dari mereka dikumpulkan informasi terkait kebiasaan tidur harian yang dilakukannya. Selanjutnya data kebiasaan tidur dihubungkan dengan kemampuan anak-anak dalam mempelajari sesuatu.

Dari situ diketahui, anak-anak yang tidak punya jadwal tidur teratur dan lebih sering terlelap di atas pukul 9 malam, memiliki nilai rendah dalam membaca dan matematika. Selain itu, mereka ternyata menjadi kurang peka terhadap lingkungan sekitar. Kepedulian terhadap sekitar tidak terlalu digubris. Efek buruk tidur tidak teratur ini lebih banyak dirasakan oleh anak-anak perempuan dibanding laki-laki.

Pada keseluruhan sampel, satu dari lima anak punya jam tidur yang berlainan. Mereka yang usianya tujuh tahun, setengahnya tidur pada pukul antara19.30 hingga 20.30. Anak-anak yang suka tidur kemalaman banyak yang dipicu adanya teve yang diletakkan di kamar mereka. Mereka juga ditemukan berasal dari keluarga dengan kehidupan sosial yang lemah.

Studi ini dipimpin oleh Profesor Amanda Sacker dan dimuat dalam jurnal epidemologi dan kesehatan komunitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda