Scroll to Top

Prancis vs Ghana 2-1: Hasil Semifinal Piala Dunia U-20 2013

By Fitra Firdaus / Published on Wednesday, 10 Jul 2013

Prancis vs Ghana

Dua gol Florian Thauvin (’43 dan ’74)  sukses membawa hasil pertandingan Prancis vs Ghana di semifinal Piala Dunia U-20 2013 berakhir dengan skor 2-1. Kemenangan ini membawa Les Bleuets –yang tampil 10 orang sejak kartu merah Samuel Umtiti– terbang ke final Piala Dunia U-20 pertama mereka sepanjang sejarah. Sebaliknya, Ghana gagal mengulang prestasi pada tahun 1999 kala menjadi kampiun ajang ini.

Prancis yang diunggulkan untuk melaju ke final Piala Dunia U-20 Turki dan berhadapan dengan Uruguay, tampil sangat terbuka. Lucas Digne menjadi motor serangan yang membuat empat kesempatan didapatkan Les Bleuets pada 10 menit awal.

Keadaan masih belum berubah dan Eric Antwi seperti sedang mendapatkan tes kelayakan menjadi kiper yang baik. Ujian yang datang dari Digne, Yaya Sanogo, Jean-Christophe Bahebeck, dan Florian Thauvin seperti menemui jalan buntu.

Pasukan Pierre Mankowski masih bermasalah dengan penyelesaian akhir, ketika Ghana mulai mengimbangi mereka. Namun, saat itu pula Florian Thauvin memecah kebuntuan. 2 menit sebelum babak pertama bubar, kerjasama umpan satu-dua sang pemain Lille dengan Jean Bahebeck, diselesaikannya dengan sangat cemerlang untuk menyudahi kehebatan Antwi.

Prancis vs Ghana 3

Prancis vs Ghana 2

Tapi, bukan berarti Ghana tak punya perlawanan. Abdul Baba Rahman melepaskan umpan silang yang diakhiri tandukan Frank Acheampong. Masih melayang tipis di atas gawang Alphonse Areola, tapi sang kiper tahu bahwa ia tak bisa terlalu santai lagi.

Ketakutan itu terbukti. Menit 47, kala Ayam Jantan Muda masih terlena dengan hasil sempurna sebelum turun minum, Ebenezer Assifuah yang menerima umpan Clifford Aboagye, setelah berkutat dengan sekian bek Prancis, melepaskan tembakan kencang yang membentur tiang sebelum masuk ke gawang Areola. Gol yang mengubah jalannya laga.

Prancis vs Ghana 4

Prancis tertatih, dan mereka beruntung ketika Areola melakukan penyelamatan gemilang atas aksi Michael Anaba di menit 51. Upaya bangkit seperti babak pertama terbukti sulit karena Ghana juga mati-matian mempertahankan momentum. Namun akhirnya, Florian Thauvin menjadi pembeda. Tembakannya yang mengarah ke sudut kiri gawang Sai tak terbendung lagi. Prancis kembali unggul 2-1 pada menit 74.

Ghana mendapatkan angin kedua ketika Samuel Umtiti menerima kartu kuning keduanya di menit 80. Namun, jalan sudah buntu terlebih dahulu. Terakhir, tembakan Assifuah tak bisa menaklukkan Areola di menit 90. Kesalahan mereka yang terlalu keteteran dengan Les Bleuets di paruh pertama membuat Ghana harus puas untuk memperebutkan tempat ketiga. Sebaliknya, Prancis berangkat ke final dengan status unggulan pula.

Prancis: Aréola – Foulquier, K. Zouma, Umtiti, Digne – P. Pogba, Kondogbia – Thauvin (Sarr ’82), Veretout, Bahebeck (Lemina ’88) – Sanogo

Ghana: Antwi (Sai ’46) – Baba, Addico, Mensah Baba – Duncan,  Salifu,  Aboagye, Acheampong, Anaba – Assifuah, Ashia (Boakye ’81)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda