Scroll to Top

Rivalitas Persib & Arema Dalam Statistik

By Agus Prasetyo / Published on Thursday, 11 Jul 2013

Persib Arema

Persib kini lebih memilih bersaing dan fokus untuk finis di posisi runner up ISL 2013. Di balik cerita perebutan runner-up yang paling seru disimak adalah persaingan coach Djajang Nurdjaman dan Rahmad Darmawan pelatih Arema.

Maklum keduanya kebetulan menakhodai tim terbesar di tanah air yang memiliki ribuan bahkan jutaan suporter fanatik.

Apalagi duo pelatih ini pernah kerja bareng membesarkan Pelita Jaya. Ketika itu Djajang Nurdjaman sempat menjadi pelatih kepala Pelita Jaya pada ISL 2011-2012.

Tapi akhirnya harus turun menjadi asisten, ketika Rahmad Darmawan tiba-tiba menukangi tim yang saat itu berjuluk The Young Guns di putaran kedua.

Nah ketika menukangi Persib saat ini, menjadi pembuktian bahwa kualitas kepelatihan Djajang bisa disejajarkan dengan RD yang lebih duluan menjadi pelatih beken.

Tanpa mengesampingkan kekuatan Sriwijaya FC dan Mitra Kukar yang membuntuti Arema dan Persib, kini persaingan sengit tertuju kepada strategi coach Djanur dan RD untuk meramu masing-masing timnya bersaing mengejar posisi kedua.

Statistik performa dari racikan kedua pelatih itu pun hampir seimbang. Arema dari 28 kali tanding, 17 kali menang (13 di kandang dan 4 tandang), 5 kali seri (1 di kandang dan 4 tandang), 5 kali kalah (1 di kandang dan 5 tandang).

Sedangkan rekor Persib yakni 27 kali tanding, 16 kali menang (13 di kandang dan 3 tandang), seri 6 kali (2 di kandang dan 4 tandang), kalah 5 kali (seluruhnya laga tandang).

Dari segi produktivitas Persib mencetak 62 gol dan 33 kali kebobolan, sementara Arema mencetak 59 gol dan kebobolan 25 gol.

Jika hitung-hitungan peluang, kedua tim itu sama-sama menyisakan dua laga kandang.  Bedanya Arema menyisakan empat laga tandang, sedangkan Persib sisa lima laga tandang yang berat.

Persib harus tur Papua di akhir putaran kedua lawan Persipura (3 September 2013) dan Persiwa (7 September 2013).

Ujian berat pun harus dilewati Persib ketika tur Kalimantan saat bulan Ramadan lawan Barito Putera (26 Juli 2013) dan Persiba Balikpapan (30 Juli 2013).

Tagged as:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda