Scroll to Top

Samsung & Intel Siapkan Rp 38 Miliar untuk Insentif Pengembang Aplikasi Tizen OS

By Ditya / Published on Thursday, 11 Jul 2013

Tizen OS

Samsung dan Intel membantah bahwa keduanya telah menyerah dengan sistem operasi Tizen yang akan disematkan pada smartphone akhir tahun ini. Samsung dan Intel kini bekerja sama dengan menyiapkan dana sebesar US $4 juta atau sekitar Rp 38 miliar untuk insentif agar menarik pengembang aplikasi.

Harus diakui, saat ini Samsung memang tengah berkonsentrasi dengan jajaran smartphone seri Galaxy yang menggunakan sistem operasi Android, sementara Intel tengah menyiapkan chipset yang memiliki performa baik untuk smartphone Android. Meski demikian, kedua raksasa ini tak melupakan Tizen OS.

Tizen sendiri adalah sistem operasi yang berbasis Linux yang muncul setelah proyek MeeGo besutan Nokia dan Intel berhenti. Awalnya, Nokia menggandeng Intel untuk mengembangkan sistem operasi MeeGo, akan tetapi Nokia memutuskan untuk menghentikan proyek MeeGo dan kini diambil alih oleh Samsung dan berganti nama menjadi Tizen.

Sistem operasi Tizen OS ini menggunakan antarmuka yang dibuat dengan HTML5, sama dengan Firefox OS. Tak hanya itu, Samsung menjanjikan Tizen OS sebagai sistem operasi yang benar-benar open source.

Samsung dan Intel menggelar Tizen App Challenge yang menawarkan sejumlah hadiah berupa uang untuk kategori tertentu yang telah disubmit. Kategori permainan atau game misalnya, Samsung dan Intel menawarkan hadiah tertinggi senilai US $200.000 dan dua runner-up dengan hadiah $100.000, serta posisi ketiga dengan hadiah $40.000.

Selain itu, Samsung dan Intel juga membuka kategori non-game dengan tawaran hadiah pertama senilai $120.000, posisi runner-up dengan hadiah $60.000, dan posisi ketiga dengan hadia sebesar $40.000.

Seperti yang dilansir dari TechRadar (10/07/2013), pengembang aplikasi memiliki waktu hingga 1 November 2013 untuk mengirimkan aplikasi mereka. Langkah seperti ini cukup efektif untuk menarik pengembang aplikasi dan hal yang sama telah dilakukan oleh BlackBerry dan Microsoft.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda