Scroll to Top

Prosesor ARM Capai Kecepatan 3GHz Tahun 2014

By Ditya / Published on Thursday, 11 Jul 2013
ARM Cortex-A15
ARM Cortex-A15

Prosesor berbasis ARM diperkirakan akan mampu berlari dengan kecepatan hingga 3GHz menggunakan chip dengan fabrikasi 20nm yang diproduksi pada tahun 2014 oleh TSMC (Taiwan Semiconductor Manufacturer) dan Global Foundries. Tentu saja hal ini akan meningkatkan performa secara keseluruhan.

Seperti yang kita ketahui, prosesor berbasis ARM yang tercepat saat ini adalah Krait 400 quad-core dengan kecepatan 2,3GHz besutan Qualcomm yang ditanamkan pada chipset Snapdragon 800. Prosesor Krait ini memang tak sepenuhnya sama denan ARM, hanya saja arsitekturnya mirip.

Sedankan posisi kedua diduduki oleh Nvidia Tegra 4 yang mengusung prosesor ARM Cortex-A15 yang berlari dengan kecepatan 1,9GHz. Kecepatan prosesor berbasis ARM ini akan mampu berlari lebih tinggi lagi pada tahun 2014 dengan proses fabrikasi 20nm, yakni hingga 3GHz. Sedangkan Qualcomm, Samsung, dan Nvidia masih mengunakan proses fabrikasi 28nm dan 32nm.

Chip prosesor ARM dengan kecepatan 3GHz dan dibuat dengan proses fabrikasi 20nm ini diperkirakan akan mampu memberikan daya tahan baterai hingga 25% lebih lama dan mampu meningkatkan kinerja hingga 30% lebih cepat dibandingkan dengan perangkat smartphone dan tablet saat ini.

Saat ini ARM memang tak lagi melenggang sendirian di pasar perangkat mobile seperti tablet dan smartphone, karena raksasa prosesor x86, Intel, kini mulai memasuki pasar yang selama ini dikuasai oeh ARM. Intel sendiri saat ini tengah menyiapkan Bay Trail dan chip Merrifield yang diklaim memiliki kinerja yang lebih tinggi dibanding prosesor ARM.

Seperti yang diansir dari TG-Daily (10/07/2013), saat ini Intel masih harus mengakui keunggulan prosesor berbasis ARM dari segi efisiensi konsumsi daya, sedangkan Intel mampu menghadirkan kinerja yang powerfull. Namun sampai saat ini belum diketahui performa siapa yang lebih tinggi di aplikasi sehari-hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda