Setelah Google, Visa dan beberapa lembaga penerima pembayaran online menginformasikan rencana mereka untuk menerbitkan ‘dompet virtual’ atau ‘virtual wallet’, kini giliran Paypal yang mengumumkan bahwa mereka akan mengeluarkan fitur sejenis sebagai upaya tandingan untuk menyaingi lembaga finansial tersebut. Paypal bahkan berani menjanjikan fitur itu bukan hanya sekedar layaknya ‘seperti bertransaksi memakai kartu kredit melalui telepon biasa’.

Meskipun ada banyak pertanyaan yang masih belum terjawab mengenai sistem baru itu terkait dengan tagihan dan isu lainnya, Presiden Paypal Scott Thompson menjelaskan bahwa pendekatan yang dilakukan oleh perusahaannya lebih kearah multiplatform seperti yang dijelskan dalam situs resmi mereka.

“Paypal saat ini sedang menyusun kembali mengenai uang dan membuatnya semakin lebih baik untuk merchan dan kunsumen – apapun gadget yang anda gunakan, dimanapun anda berada, ataupun anda ingin membayar secara tunai atau kredit,”

Tampaknya dengan fasilitas yang ditawarkan oleh Paypal ini, maka setidaknya mereka akan bisa mengungguli Google Wallet yang hanya bisa dilakukan oleh gadget yang mensuport Android. Bahkan eBay juga menunjukkan ketertarikan untuk terlibat dalam pembayaran mobile dimana pembayaran langsung dipotong ke tagihan operator pengguna.

Detail dan spesifikasi fitur baru Paypal ini akan dirilis beberapa bulan kedepan tepatnya saat konferensi inovasi X.commerce yang akan berlangsung bulan Oktober ini.