Scroll to Top

Gejala Kanker Tenggorokan

By Ilham Choirul / Published on Thursday, 11 Jul 2013

pemeriksaan

Perokok adalah salah satu pihak yang cukup berisiko mengalami kanker tenggorokan selain kanker lainnya. Selain itu, penyuka minuman panas juga berisiko mengalami kanker ini karena tenggorokan lebih sering dalam posisi luka karena melepuh oleh air minum panas. Kanker tenggorokan gejalanya bisa dirasakan dan tidak terlalu tersembunyi seperti kanker serviks. Dikutip dari Boldsky, berikut lima gejala kanker tenggorokan:

  1. Kesulitan untuk menelan makanan dan minuman. Jika ini berlangsung secara kontinyu, waspadai kemungkinan adanya kanker di tenggorokan Anda. Lakukan pengecekan dengan bantuan dokter ahli untuk memastikan ada tidaknya kanker dan solusi yang perlu dilakukan.
  2. Tenggorokan terasa kering dan kasar. Sensasi yang dirasakan yaitu seperti ada tekstur kasar yang menetap di tenggorokan. Ini menunjukkan fase infeksi. Kalau dalam 7 hari rasa kasar di tenggorokan ini belum hilang, lakukan pengecekan medis.
  3. Terjadi perubahan suara. Penyebabnya adalah sek kanker mulai tumbuh di area pita suara. Suara mungkin semakin lemah tatkala kanker di tenggorokan mulai membesar. Perubahan suara ini sebaiknya diperiksakan untuk melihat kepastian diagnosa.
  4. Batuk terus menerus. Bagi perokok, kemunculan gejala ini ungkin dianggap wajar. Namun, jika batuk ini tidak kuncjung sembuh dan Anda termasuk orang yang berisiko terkena kanker ini, sebaiknya lakukan pemeriksaan pada tenggorokan Anda. Batuk-batuk dalam jangka lama bisa menjadi pertanda kanker tenggorokan.
  5. Suara nafas yang aneh. Gejala ini ditandai dengan suara tida wajar dari area tenggorokan di waktu bernafas. Suara nafas terdengar seperti orang bersiul. Ada baiknya gejala ini dikonsultasikan pada dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda